Analisis Lokasi Sekolah SMA yang Ideal di Kabupaten Bone Bolango dengan Sistem Informasi Geografis

Arjun B Antu

Abstract


In Indonesia, the problem of educational equity is still a serious problem, there are still few schools and the distance between most students' homes and schools is quite far from the school location. This study aims to determine the location of the ideal high school in Bone Bolango Regency by using a Geographic Information System. The location of this research was carried out in Bone Bolango Regency, the schools studied were SMA Negeri 1 Tapa, SMA Negeri 1 Kabila, SMA Negeri 1 Suwawa, SMA Negeri 1 Suwawa Timur, SMA Negeri 1 Bone, SMA Negeri 1 Bone Pantai, SMA Negeri 1 Bulango Ulu. , SMA Negeri 1 Pinogu, SMAS Terpadu Wirabakti. The method used in the research is a survey, interviews and then given a score with predetermined criteria. Primary data is obtained directly through observations, field measurements and interpretation of satellite imagery. In this study, the primary data were land area for education units, slope, accessibility, free of disasters and landslides, educational reach, and number of students. Secondary data is obtained from information, statistical data and data derived from existing field data. In this study the secondary data is the distribution of high school schools. The time of the study was conducted for 6 months from February to July. The research results are based on parameters with certain criteria, namely land area for education units, slope, accessibility, free of disasters and landslides, and educational reach. Then the five parameters are scored and the results are overlaid into an ideal school map.

Keywords


Analisis Lokasi, Sekolah SMA, Sekolah Ideal, Kabupaten Bone Bolango

Full Text:

PDF

References


Ahyani, Ikhlasul, dkk. 2013. Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Sig) Untuk Inventarisasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan Menggunakan Google Maps Api (Studi Kasus: Kec. Kaliwungu Kab. Kendal). Teknik Geodesi Universitas Diponegoro. Jurnal Geodesi Undip Volume 2, Nomor 2.

Budiyanto, Eko. 2009. Sistem Informasi Geografis Menggunakan ArcView GIS. Yogyakarta: Andi Offset.

Daskin, M. S. (2008). What you should know about location modeling. Naval Research Logistics, 55(4), 283–294. https://doi.org/10.1002/nav.20284

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004)

Hoover dan Giarratani .2007. Economics of Location. Terjemahan oleh Nugroho dan Dahuri. Penerbit Lembaga Penerbit UI Jakarta

Iskandar, M. 2009. Evaluasi Sebaran Lokasi Fasilitas Pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor, Tesis Program Studi Perencanaan Wilayah Kota, Sekolah Arsitektur Perencanaandan Pengembangan Kebijakan. Bandung Institut Teknologi Bandung

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa (2014). Manajemen Kelas: Guru Profesional yang Insiparif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pekerjaan Umum. 1987. Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia No 378/KPTS/1987 Tentang Pengesahan 33 Standart Konstruksi Bangunan di Indonesia. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pedoman Pendirian Unit Sekolah Baru Untuk Sekolah Dasar. Jakarta

Kementerian Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.Jakarta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan SMK dan MAK. Jakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2015. Peraturan Menteri PUPR No. 28 Tahun 2015 tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai Dan Garis Sempadan Danau. Jakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum. 2011. Peraturan Menteri PU No. 20 Tahun 2011 tentang Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi dan Neighborhood Unit aspek jarak dan waktu untuk fasilitas masyarakat. Jakarta.

Koentjaraningrat (2006:67). Teknik Pemodelan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus: Kecamatan. Sumedang Utara dan Sumedang Selatan)

Kursrini, 2002. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Publisher.

McLeod Jr, Raymod dan George P Schell. 2003. Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat

Miarsih. 2009. Kajian Penentuan Lokasi Gedung SD-SMP Satu Atap di Kabupaten Demak. Semarang. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Prahasta, Eddy. 2002. Sistem Informasi Geografis: Konsep-Konsep Dasar Informasi Goegrafis. Bandung: Informatika Bandung.

Presiden Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan. Jakarta.

Presiden Republik Indonesia. 2015, Peraturan Pemerintah No.13 tahun 2015 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta.

Presisen Republik Indonesia. 2004. Undang Undang No. 38 tahun 2004 tentang Jalan.Jakarta

Riyanto., Prinali, EP., Indelarko, Hendi, (2009), Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop Dan Web, Yogyakarta : Gava Media.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2010)

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Sholahuddin DS., Muhamad, 2015. SIG untuk memetakan daerah banjir dengan metode skoring dan pembobotan (Studi kasus Kabupaten Jepara). Semarang. Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)

Subaryono. (2005). Geographic Information System (Materi Kuliah). Jurusan Teknik Geodesi, FT UGM Yogyakarta.

Sukarsa, I Made. 2009. Pemetaan Kualitas Pendidikan Di Propinsi Bali Berbasis Spatial. Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Jurnal Teknologi Elektro Vol. 8 No.1.

Tarigan, Robinson. 2006. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.34312/jage.v1i1.16740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Arjun B Antu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.