Analisa Dosis AB Mix Terhadap Nilai TDS Dan Pertumbuhan Pakcoy Secara Hidroponik

Lilik Sulistyowati, Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Budidaya hidroponik menggunakan larutan AB Mix masih belum banyak digunakan. Budidaya dengan sistem ini menggunakan tanaman pakcoy membutuhkan konsentrasi tertentu agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis nilai TDS dalam larutan AB Mix sebelum diencerkan, 2) menganalisis nilai TDS dalam larutan nutrisi, dan 3) menganalisis tinggi tanaman pakcoy yang ditumbuhkan secara hidroponik menggunakan larutan AB Mix. pada dosis yang berbeda. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah RAL 1 faktor dengan dosis AB Mix 0 ppm, 5 ppm, 10 ppm dan 15 ppm yang berbeda. Variabel yang diamati adalah nilai TDS pada larutan AB Mix sebelum dan sesudah diencerkan serta tinggi tanaman yang ditumbuhkan menggunakan larutan nutrisi dari AB Mix pada 4 dosis yang berbeda. Perlakukan diulang 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan larutan AB Mix sebelum diencerkan memiliki nilai TDS sebesar 6763,67 ppm. Larutan nutrisi dari AB Mix dengan dosis 15 ppm memiliki nilai tertinggi sebesar 1092,67 ppm dan nilai TDS terendah terdapat pada larutan nutrisi dari AB Mix dengan dosis 5 ppm yaitu 503,67 ppm. Sedangkan nilai TDS air yang digunakan sebagai pelarut bahan AB Mix hanya 70 ppm. Tinggi tanaman yang diberi larutan AB Mix menunjukkan pola, semakin tinggi dosis AB Mix dari 0 sampai 15 ppm maka tinggi tanaman semakin tinggi.


Keywords


Hidroponik; Larutan nutrisi; Nilai TDS.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, B. (2003). Teknik dan Strategi Budidaya Sawi Hijau (Pai-Tsai). Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.

Harjowigeno, S. (2010). Ilmu Tanah. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Nugraha, R. U. dan Susila, A. D. (2015). Sumber Sebagai Hara Pengganti AB mix pada Budidaya Sayuran Daun Secara Hidroponik. Jurnal Hortikultur Indonesia. 6(1), 11-19.

Rosliani R. dan Sumarni, N. (2005). Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Hortikultura. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Monografi No. 27.

Sarido, L., dan Junia. (2017). Uji Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Pada System Hidroponik. Agrifor, 16(1), 65-74.

Sina, S. Budi, & Nurjani. (2018). Pertumbuhan dan Hasil Sawi Varietas Pakcoy pada Kombinasi AB-Mix dan Poc Daun Lamtoro Secara Hidroponik, (1). Universitas Tanjungpura. Pontianak. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian. 7(3), 1-10.

Syariefa, E. (2015). My Trubus: Hidroponik Praktis. PT Trubus Swadaya: Jawa Barat.

Telaumbanua, M.M., (2020). Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Buah Pepaya Dan Pupuk Ab Mix Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Pakcoy (Brassica rapa chinensis L.) Pada Hidroponik Sistem Sumbu. Repository Nomennsen HKBP, Medan.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v3i1.11172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS