PERBANDINGAN HASIL PANEN USAHATANI PADI SAWAH MENGGUNAKAN COMBINE HARVESTER DAN SISTEM BAWON DI KABUPATEN GORONTALO

Samsir A. Kunuti, Asda Rauf, Yanti Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis perbedaan hasil panen usahatani padi sawah dengan menggunakan combine harvester dan sistem bawon. 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani padi sawah menggunakan combine harvester dan sistem bawon. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode survei. Sampel diambil sebanyak 70 petani, yang di bagi 2 kelompok, yaitu kelompok petani menggunakan combine harvester berjumlah 35 orang dan kelompok petani menggunakan sistem bawon berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis uji perbandingan, pendapatan petani yang menggunakan combine harvester lebih besar dari sistem bawon. Faktor tenaga kerja dan luas lahan berpengaruh nyata terhadap keputusan petani padi sawah dalam penanganan hasil panen, sedangkan tingkat pendidikan tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan petani padi sawah dalam penanganan hasil panen yang menggunakan combine harvester dan sistem bawon di Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.

Keywords


Usahatani; Hasil Panen; Combine Harvester; Sistem Bawon.

Full Text:

PDF

References


Apriani, M., Rachmina, D., & Rifin, A. 2018. Pengaruh Tingkat Penerapan Teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) terhadap Efisiensi Teknis Usahatani Padi. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 6(2), 121-132.

Bananiek, S., & Abidin, Z. 2013. Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi adopsi teknologi pengelolaan tanaman terpadu padi sawah di Sulawesi Tenggara. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 16(2): 111-121

Burhansyah, B. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi Adopsi Inovasi Pertanian pada Gapoktan PUAP dan Non PUAP di Kalimantan Barat (Studi Kasus: Kabupaten Pontianak dan Landak). Informatika Pertanian, Vol. 23, No. 1, Hlm 65-74.

Daniel, Mohar. 2002. Pengantar Ekonomi pertanian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Andi

Handaka, Prabowo A. 2014. Kebijakan Antisipatif Pengembangan Mekanisasi Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian. 11(1):27-44.

Haryani D. 2009. Analisis Efisiensi Usahatani Padi Sawah Pada Program Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Tesis. Bogor (ID). Institut Pertanian Bogor.

Purnmasari, Nita, A. Hamzah, & A. Gafaruddin. 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerapan Teknologi Usaha Tani Padi Sawah Di Desa Puosu Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Ilmiah Agribisnis, Vol. 3, No. 2, Hlm. 30-33

Purwantini, T. B., & Susilowati, S. H. 2018. Dampak Penggunaan Alat Mesin Panen Terhadap Kelembagaan Usaha Tani Padi. Analisis Kebijakan Pertanian, 16(1), 73-88.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. 2015. Mekanisasi pertanian dan perspektif ekonomi dan kesejahteraan petani.

Saparyati, Dwi Isnanini. 2008. Kajian Peran Pendidikan Terhadap Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Demak. Tesis. Semarang (ID). Universitas Diponegoro.

Soekartawi. 1993. Prinsi-prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekidjo Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudaryanto, Tahlim & Nizwar Syafa’at. 1993. Pengaruh Teknologi Baru Dan Lingkungan Produksi Terhadap Kesenjangan Pendapatan Antar Agroekosistem. FAE 10(2): 1-7

Tambunan, 2003. Perkembangan Sektor Pertanian di Indonesia : Beberapa Isu Penting. Jakarta :Ghalia Indonesia

Wahyunindyawati, Kasijadi, F., & Heriyanto. 2003. Tingkat Adopsi Teknologi Usahatani Padi Lahan Sawah di Jawa Timur: Suatu Kajian Model Pengembangan “Cooperative Farming”. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 6(1), 40-49.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v1i2.4529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Agribusiness Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS