ANALISIS PEMASARAN KACANG TANAH DI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

Yohanes Yudha Pratama, Bayu Nuswantara

Abstract


Pemasaran kacang tanah masih memerlukan perbaikan dalam proses penyaluran kacang tanah dari petani hingga sampai ke konsumen. Penelitian ini dilatarbelangi kondisi bahwa di Desa Segiri merupakan salah satu desa sentra kacang tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum pemasaran kacang tanah, analisis margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Sampel diambil secara sensus dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 30 orang petani Desa Segiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yang digunakan oleh lembaga saluran yang menyalurkan kacang tanah ke konsumen akhir yaitu: 1) petaniàpedagang pengepulàkonsumen, 2) petaniàagenàkonsumen. Efisiensi pemasaran diteliti menggunakan pendekatan marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya, dengan hasil: 1) saluran I memiliki nilai margin pemasaran Rp.350,-/kg dan saluran II memiliki nilai margin pemasaran Rp.770,-/kg.. 2) farmer’s share pada saluran I memiliki nilai nilai 83,06% dan farmer’s share pada saluran II memiliki nilai nilai 83,26%. 3) rasio keuntungan terhadap biaya pada saluran I sebesar 1,29 dan rasio keuntungan terhadap biaya pada saluran II sebesar 1,08.


Keywords


Pemasaran kacang tanah; Farmer’s share; Rasio keuntungan.

Full Text:

PDF

References


Asmarantaka RW. 2009. Pemasaran Produk-produk Pertanian dalam Bunga Rampai Agribisnis Seri Pemasaran. Editor Nunung Kusnadi, dkk. Bogor (ID). IPB Press

Nazir. 1999. Metode Penelitian. Ghalia Indinesia. Jakarta.

Kementerian Pertanian. 2016. Outlook Komoditas Pertanian Sub Sektor Tanaman Pangan. http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/arsip-outlook/81-outlook-tanaman-pangan/430-outlook-kacang-tanah-2016

Kasryno F, Pasandaran E, Fagi A.M. 2005. Ekonomi jagung Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian. Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Saragih, Adelita W,. 2016. Analisis Efisiensi Pemasaran Jambu Kristal Di Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga, Bogor. Skripsi, Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Dipublikasikan)




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v2i1.7042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS