SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ATLET BULUTANGKIS DI PB ASDIBA KECAMATAN TELAGA

Anggri Setiawan Ohi, Risna Podungge, Suriyadi Datau, Asry Syam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebugaran jasmani atlet bulutangkis di PB Asdiba Kecamatan Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik analisa yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa rata-rata atlet Bulutangkis di PB Asdiba Kecamatan Telaga pada tes lari 40 meter berada dalam kategori kurang, kemudian pada tes gantung siku tekuk rata-rata pada kategori kurang, pada tes baring duduk 30 detik rata-rata pada kategori sedang, pada tes loncat tegak rata-rata pada kategori sedang, sedangkan rata-rata pada tes lari 600 meter berada pada kategori baik.


Keywords


Kebugaran Jasmani, Atlet, Bulutangkis

Full Text:

PDF

References


Alicia, R. &. (2018). Kontibusi Daya Letak Otot Tungkai Dan Kelincahan Terhada Kemampuan Footwork Atlet Bulutangkis. Jurnal Sporta Saintika , 495.

Armade, Made dan Lolia Manurizal. 2019. Pengaruh Metode Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ 2012) Versi Low Impact Terhadap Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Penjskesrek Vol. 6, No. 1, April 2019

Ferdianto, Tegar Prasetyo dan Junaidi Budi Prihanto. 2017. Hubungan Aktivitas Fisik Harian Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Candi, Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017, 925 - 928

Ismail, A. A. (2018). Pengembangan Model Latihan Drop Shot Pada Olahraga Bulutangkis. Jurnal of Sport Coaching and Physical Education , 3 (1), 22-24.

Prasetyo, E. S. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa tubuh Pada Siswa SMP Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik , 1 (2), 87-90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.