PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK

Fitriani Bulonggodu, Sarjan Mile, Risna Podungge, Asry Syam, Juni Isnanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research Development) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE adalah pemilihan model pengembangan yang baik menjadi salah satu factor penentu untuk menghasilkan model yang dapat diaplikasikan dengan mudah, baik dan bermanfaat bagi pengguna. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan pengembangan, yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), (4) Implementasi (Implement), dan (5) Evaluasi (Evaluate). Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan, maka  dapat  di simpulkan bahwa melalui Berdasarkan hasil penelitian Asumsi dikatakan valid melihat pada nilai pearson correlation (nilai r hitung) dan dibandingkan dengan nilai r tabel. Jika r hitung > rtabel maka item pertanyaan pada kuisioner valid dan Jika r hitung < rtabel maka item pertanyaan pada kuisioner tidak valid. Didapatkan nilai r tabel dengan sampel 10 orang siswa adalah 0.632 dengan taraf signifikan 5% sehingga dikatakan bahwa rhitung>rtabel sehingga kuisioner uji validasi ahli dikatakan valid. Asumsi uji reliabilitas adalah nilai Cronbach alpha harus >0.6. Didapatkan nilai Cronbach Alpha adalah 0.939 yang berarti >0.06 sehingga kuisioner uji validasi ahli dikatakan reliabel.

 

Kata Kunci: Permainan Bola voli, Teknik Dasar Passing Atas

 

 

ABSTRACT

 

This research uses an R&D (Research Development) approach with the ADDIE model. The ADDIE model is the selection of a good development model, which is one of the determining factors in producing a model that can be applied easily, well, and useful for users. The ADDIE model consists of five development stages, namely (1) Analysis, (2) Design, (3) Development,(4) Implementation and (5) Evaluation. Based on the research and discussion results, the assumptions are valid based on the pearson correlation value (r count value) and compared with the r table   value. If r count > r table, then the question item in the questionnaire is valid; if r count < r table, then the question item in the questionnaire is invalid The r table value obtained with a sampleof 10 students is 0,632 with a significance level of 5%, so the calculated r count > r table. Therefore, the expert validation test questionnaire is valid. The reliability test assumes that the Cronbach alpha value must obtain 0.939, which means < 0.06, so the expert validation test questionnaire is realiable.

 

Keywords: volleyball Game,Basic Overhead Passing technigue


Keywords


Permainan Bola voli, Teknik Dasar Passing Atas

Full Text:

PDF

References


Alit, I. G. A. N (2019) Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas III Semester I Tahun Pelajaran 20218/2019 SD Negeri 22 Dauh Puri. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1)78

Fernandes, M. R., Dan Sin, T. H. (2019) Kemampuan Teknik Dasar Atlet Bola Voli Putri Klub Reger SMPN 3 X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Jurnal JPDO, 2 (2), 96

Gustiawati, R., dan Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan gerak (Movement Education) Terhadap Hasiil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahtaga dan Kesehatan Pada Siswa SDN Pinayungan V Kabupaten Karawang. Jurnal Speed (Sport Physical Education Empowerment), 1 (2), 45

Herniawati, A. (2023). Metode Bermain: Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di Era Kurikulum Merdeka.Jurnal Intisabi, 1 (1) 15

Komang srianis.Ni Ketut suarni. Puju Rahayu Ujianti. 2019. Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. E-Journal PG Paud.Volume 2.Nomor 1. Hlaman 5-7.

Mustaghfirlin, A., Soekardi, S., Dan Sukiyandari, L. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Permainan Berantai. Jurnal Of Education and Sport Science 1 (2)

Rahman, abd. (2023). Survei Kemampuan Teknik Dasar Passing Bola Voli Pada Siswa SMK Negeri 2 Tarakan. Borneo physical Education Journal, 4 (1)

Ramadhan, H., Ihsan, N., Sepriadi, S., dan Zulbahri, Z. (2023) Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Solok Selatan. Jurnal JPDO, 6 (6),

Rizal, A.,Mappaompo, A. Dan sudirman, A.(2022).Analisis Indeks Keterampilan Bermain Bola Voli Siswa Ekstrakulikuler Bola Voli Smp Negeri 1 Maniang Pajo Kecamatan Maniang Pojo Kabupaten Pojo . Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1) 3253




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v2i2.23236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.