MENINGKATKAN TEKNIK DASAR PUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI MEDIA DINDING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui media dinding pada siswa kelas VIII SMP 4 Gadung Kabupaten Buol. Hipotesis dalam penelitian ini adalah apabila media dinding diterapkan dalam proses pembelajaran, maka teknik dasar pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gadung akan meningkat. Pembelajaran hasil teknik dasar pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui media dinding pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gadung. Pada prosesnya meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kinerja guru, aktivitas siswa dan hasil pembelajaran siswa sebagai berikut. Dengan hasil analisis data pada observasi awal memperoleh hasil pada kategori Rendah dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 47,13. Siklus I memperoleh hasil pada kategori Sedang dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 69,54. Dan pada siklus II memperoleh hasil pada kategori Sangat Tinggi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 80,56. Berdasarkan data yang diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan penerapan media dinding sebagai pembelajaran dalam tahap olahraga dimata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan satu siklus, ternyata keberanian siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan teknik dasar pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui media dinding dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang positif.
Kata Kunci: Forehand Drive , Permainan Tenis Meja, Media Dinding
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar pukulan forehand dalam permainan tenis meja dengan menggunakan media dinding pada siswa kelas VIII SMP (Sekolah Menengah Pertama) 4 Gadung Kabupaten Buol. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika media dinding digunakan dalam proses pembelajaran maka teknik dasar forehand drive dalam permainan tenis meja siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gadung akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar teknik dasar forehand drive dalam permainan tenis meja melalui media dinding pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gadung. Proses pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan kinerja guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: analisis data pada observasi awal menunjukkan kategori Rendah dengan nilai rata-rata 47,13; siklus I menunjukkan hasil kategori Sedang dengan skor rata-rata 69,54; dan siklus II menunjukkan kategori Sangat Tinggi dengan nilai rata-rata 80,56. Berdasarkan data yang diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media dinding sebagai pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani yang dilaksanakan dalam satu siklus, ternyata keberanian siswa meningkat secara signifikan. Dengan demikian hasil ini membuktikan bahwa penggunaan teknik dasar forehand drive dalam permainan tenis meja melalui media dinding dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang positif.
Kata Kunci : Forehand Drive, Permainan Tenis Meja, Media Dinding
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asri, Novri. 2020. Pengaruh Latihan Forehand Ke Dinding Terhadap Hasil Forehand Drive Tenis Meja Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Volume 3 no I Tahun 2020 ISSN 2614-277X (Print) ISSN 2621-814X (Online)
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Masdiana, dan I Made Indra P. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group
Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta : CV Budi Utama.
Prasetiyo, Aris, Afin Zahrul Fahmi, dan Mohammad Da’i. 2021. Pencegahan Cedera Dalam Permainan Tenis Meja. Seminar Nasional Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian, dan Kesehatan. e ISSN: 2774-9754 Volume 1 Nomor 2, Mei 2021 – Oktober 2021
Ropii, Muhammad, Muh. Fahrurrozi. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Selong Lombok Timur. Penerbit : Universitas Hamzanwadi Press.
Saleh, M. Sahib, dan Muh. Syahrul Saleh. 2019. Perbandingan Metode Latihan Multi Ball Dengan Metode Latihan Berpasangan Dalam Keterampilan Bermain Tenis Meja Pada Siswa SMU Negeri 8 Makassar. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Volume 11 Nomor 1, Februari 2019 e-ISSN: 2657-0703 dan p-ISSN: 2085-5389
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Sunardianta, R. 2018. Lebih Dekat Mengenal Tenis Meja. Yogyakarta: Thema Publishing.
DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v2i2.23417
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.