PENERAPAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA

Ronaldi Saipi, Ruslan Ruslan, Ella H. Tumaloto, Haerul Ikhsan, Joni Taufik Hidayat

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mananggu dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada pembahasan sebelumnya, diperoleh simpulan bahwa: Pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mananggu. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada observasi awal dengan rata-rata 50,79 meningkat menjadi 70,23 pada siklus I dengan jumlah siswa 18 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,04.

 

Kata Kunci: Passing Dengan Kaki Bagian Dalam, Permainan Sepak Bola, Think-Pair-Share

 

 

ABSTRACT

 

This research is conducted using the classroom action research method. The classroom action research on class VIII students of SMP Negeri 1 Mananggu is carried out in two cycles. Each cycle consisted of four stages; (1) planning, (2) implementation, (3) observation and interpretation, and (4) analysis and reflection. Based on the data analysis and the discussion, it is concluded that: The implementation of the think-pair-share type of the cooperative learning model can improve the learning outcomes of inside foot passing in football for class VIII students at SMP Negeri 1 Mananggu. Based on the results, a significant improvement was obtained from cycle I and II. In the initial observation, the learning outcome was obtained with an average of 50.79 and was increased to 70.23 in cycle I with a total of 18 students. Furthermore, In cycle II there was an increase in student learning outcomes by 80.04.

 

Keywords: Inside Foot Passing, Football, Think-Pair-Share


Keywords


Passing Dengan Kaki Bagian Dalam; Permainan Sepak Bola; Think-Pair-Share

Full Text:

PDF

References


Ahlunnazar, Subagio, & Kurnia Taufik. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Turbo Melalui Permainan Bola Berekor Pada Siswa Sekolah Dasar. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram, 8(No 1, Maret), 73–78.

Basam, F. (2022). Motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII dalam Pembelajaran Model Kooperatif Numbered Heads Together. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 102.

Khoirudin dan Supriyanah. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Kutabumi I Tangerang, Banten. Jurnal Inovasi Dan Kreatifitas (JIKa) Volume 1 Nomor 2 September 2021; p-ISSN 2776-1843, e-ISSN 2807-8047

Kuswoyo, Dilli Dwi. 2018. Identifikasi Tingkat Keterampilan Sepak Bola Siswa Putra Kelas V SDN Monta Kecamatan Monta Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 17 (2), Juli – Desember 2018: 6 - 10

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2 Desember 2017 e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar (S. Hamdi (ed.)). Universitas Hamzanwadi Press.

Sadipun, Berty. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI Ende 14. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, No.1, 2020. Hal 11-16 ISSN 2656-601X (online) ISSN 2656-8675 (cetak)

Syafi'i, Imam dan A. Setiawan. 2019. Koordinasi Mata Dan Kaki Pada Long Passing Sepak Bola.




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v2i2.23735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.