PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING SEPAK BOLA DENGAN PUNGGUNG KAKI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MODELING

Wawan S. Suleman, Suriyadi Datau, Ella H. Tumaloto, Rosbin Pakaya, Sulasikin Sahdi Kadir

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut, Peningkatan kualitas berupa proses pembelajaran dan juga kemampuan melakukan gerak dasar shooting sepak bola yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari sebelum tindakan hingga akhir siklus terakhir, dalam penelitian ini adalah akhir siklus II. Sebelum pelaksanaan tindakan, siswa yang berhasil tuntas menurut kriteria ketuntasan minimal dengan nilai 75 untuk hasil belajar shooting sepak bola tidak ada. Setelah diberi perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran modeling, maka didapat nilai pada akhir siklus I yaitu siswa yang berhasil tuntas meningkat menjadi 6 siswa atau sebesar 24%. Titik tertinggi peningkatan hasil belajar shooting sepak bola pada penelitian ini adalah pada akhir siklus II, dimana hasil belajar siswa telah melebihi target indikator keberhasilan siswa yang telah ditetapkan. Siswa yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 21 siswa atau sebesar 84%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa dalam upaya  meningkatkan meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola dengan menerapkan metode pembelajaran modeling telah berhasil meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola.

 

Kata Kunci: Shooting, Permainan Sepak Bola, Metode Pembelajaran Modeling

 

ABSTRACT

This study used the Classroom Action Research (CAR) method. The classroom Action Research was conducted on students in grade VIII  at SMP Negeri 1 Tapa. Based on the results of data analysis and discussion, the following conclusions were obtained. Improvement in quality, including the learning process and the ability to perform basic soccer shooting movements, can be seen from the improved learning outcomes of students from before the action to the end of the last cycle, in this case, the end of Cycle II. Before the implementation of the action, there were no students who successfully met the minimum completeness criteria with a score of 75 for soccer shooting learning outcomes. After being treated with the application of the modeling learning method, the number of students who successfully met the criteria increased to 6 students or 24% at the end of Cycle I. The highest point of improvement in soccer shooting learning outcomes in this study was at the end of Cycle II, where the students' learning outcomes exceeded the target success indicators set. Students who were able to achieve the minimum completeness criteria were 21 students or 84%. Thus, the classroom action research conducted on eighth-grade students at SMP Negeri 1 Tapa in an effort to improve the learning outcomes of soccer shooting by applying the modeling learning method has successfully improved the learning outcomes of soccer shooting.

 

Keywords: Shooting, Soccer Game, Modeling Learning Method

Keywords


Shooting; Permainan Sepak Bola; Metode Pembelajaran Modeling

Full Text:

PDF

References


Al Qodri, Hanifan. 2018. Olahraga dan Rekreasi Paket C Tingkatan V Modul Tema 1 Modul Tema 1 : Aksi Cerdas Mencetak Gol. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan- Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran (4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis). Penerbit CV Kaaffah Learning Center. Sulawesi Selatan.

Hakim, Rachman, Firman Firman, dan Netrawati Netrawati. 2023. Analisis Literatur Review: Penggunaan Teknik Modelling Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Untuk Konsentrasi Siswa Dalam Belajar. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 6, No. 1, 2023, pp. 21-25 ISSN: 2620-3820

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Jamil, Rahmmad. 2017. Peranan Pembelajaran Modeling Dalam Meningkatkan Keterampilan Beribadah Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)-3 Medan. Jurnal ANSIRU Nomor 1 Volume 1, Juni 2017

Muhajir. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud

Nirwandi. 2017. Tinjauan Tingkat Vo2max Pemain Sepakbola Sekolah Sepakbola Bima Junior Kota Bukittinggi. Jurnal PENJAKORA Volume 4 No 2, Edisi September Tahun 2017

Qoulbi, Gentha Ainul dan Alnedral. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA Negeri 1 Batusangkar Dilihat dari Sudut Perencanaan, Proses, dan Evaluasi. Jurnal Patriot. 2(1):149-151.

Saputra, Adhe dan Ahmad Muzaffar. 2018. Sepak Bola. Jambi: Salim Media Indonesia

Subekti, Nur, Nurhidayat, Anugrah Nur Warthadi, Hamzah Mujahid, dan Amar Abdullah Dani Arni Rayhan. 2021. Analisis Performa Speed dan Power Atlet Pencak Silat Level Elit. Jurnal Kepelatihan Olahraga SMART SPORT Volume 18 Nomor 1 Februari 2021

Ubabuddin. 2019. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif. Vol. V No. 1.

Wicaksono, Galuh Hendityo. 2019. Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi P-ISSN 2337-9561 Vol. 5, No. 2, Hal. 95 ± 100, Juni 2019 E-ISSN 2580-1430

Zulfa, Isna Indana dan Ari Wibowo Kurniawan. 2019. Survey Kebugaran Jasmani Kelas VIII SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro. Sport Science and Health Journal. 1(3): 185.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.