MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE RESIPROKAL

Andri Musa, Aisah R. Pomatahu, Ella H. Tumaloto, Muhammad Faisal Lutfi Amri, Haerul Ikhsan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan dalam penelitian sebagai berikut: “Jika metode resiprokal diterapkan, maka hasil belajar servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo akan meningkat”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor rata-rata dan persentase ketuntasan dalam pembelajaran kemampuan servis bawah permainan bola voli. Perolehan nilai rata-rata setelah dilakukan tindakan melalui metode resiprokal pada siklus I sebesar 68,47 dan pada siklus II sebesar 80,05. Setelah menggunakan metode resiprokal sebanyak 10 siswa (33,33%) dalam kategori tuntas dan 20 siswa (66,67%) dalam kategori belum tuntas pada siklus I sedangkan pada siklus II sebanyak 27 siswa (90%) dalam kategori tuntas dan 3 siswa (10%) dalam kategori belum tuntas. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan dalam penelitian ini telah sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yakni untuk pelajaran penjasorkes sebesar ≥75 atau 80% dari jumlah siswa yang hadir sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal.

Kata Kunci: Servis Bawah; Permainan Bola voli; Metode Resiprokal

ABSTRACT

The aim of this research was to determine the application of reciprocal methods to improve the learning outcomes of underhand serves in volleyball games among grade VIII students at SMP Negeri 6 Gorontalo City. The action hypothesis in the study is as follows: "If the reciprocal method is applied, the learning outcomes of underhand serves in volleyball games for grade VIII students at SMP Negeri 6 Gorontalo will improve.” Based on the results of the conducted classroom action research, it can be concluded that the reciprocal method can improve the learning outcomes of underhand serves in volleyball games for grade VIII students at SMP Negeri 6 Gorontalo. This is evidenced by an increase in the average scores and the percentage of completeness in learning the skill of underhand serves in volleyball. The average score after implementing the reciprocal method in cycle I was 68.47, and in cycle II, it increased to 80.05. After using the reciprocal method, 10 students (33.33%) were categorized as complete, and 20 students (66.67%) were categorized as not complete in cycle I. Whereas, in cycle II, 27 students (90%) were categorized as complete, and 3 students (10%) were categorized as not complete. The average score and completion percentage in this study meet the success criteria, which is ≥75 or 80% of the total number of attending students, exceeding the Minimum Completion Criteria.

Keywords:    Underhand Serve; Volleyball Game; Reciprocal Method.


Keywords


Servis Bawah; Permainan Bola voli; Metode Resiprokal

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginanjar, A. 2019. The Effects of Personalized System for Instruction Learning Model on Vocational School Students’ Motivation. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 4 (1) ISSN 2580-071X (online) ISSN 2085-6180 (print).

Pamungkas, Fandy Anugrah dan Sapto Wibowo. 2020. Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal (Timbal-Balik) Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 08 Nomor 03 Tahun 2020, 155 - 166

Pratiwi, Endang, Novri Asri. Amalia Barikah. Andi Kasanrawali. 2021. Upaya Peningkatan Passing Bawah Bolavoli Melalui Modifikasi Bola Pada Peserta Didik Sd. Jurnal Olahraga Mahasiswa Universitas Pgri Palembang. Volume I no I ISSN 2776-1479(Online).

Sa’i, Mad dan Chairul Anwar. 2023. Penerapan Penilaian Beracuan Norma Dan Penilaian Beracuan Kriteria Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Ganding I Sumenep. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah Vol. 4 No. 2, Januari – Juni 2023 E-ISSN: 2720-8850 P-ISSN: 2715-7067

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sujarwo. 2018. Kemampuan Dasar Dalam Bola Voli Mini. Yogyakarta: UNY Press

Triyogo. 2021. Pengaruh Push Up Dan Pull Up Terhadap Ketepatan Servis Bola Voli Siswa Putra Sma Negeri 1 Pulau Laut Tengah. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume 9 No 2, September 2021 p-ISSN: 2087-9377 e-ISSN : 2550-0287

Widayanti, Kasiyem, dan Ratnawati. 2020. Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX Modul Tema 11: Melatih Gerak dengan Bola. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus–Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v2i2.23990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot online slot gacor slot