Efektivitas Media Pembelajaran melalui Website dan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Menengah Pertama

Al Ilham

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan materi pembelajaran berbasis website dan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK khususnya fokus materi permainan bola kecil dengan menggunakan model PBL pada kelas VII.3 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sasaran khusus siswa kelas VII.3 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama dilaksanakan pada pertemuan 1 dan 2, dan siklus kedua dilaksanakan pada pertemuan 3 dan 4. Setiap siklus meliputi empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan tiga instrumen, antara lain lembar observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Data kualitatif yang diperoleh dari instrumen tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII.3 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu sudah menunjukkan peningkatan ketika menggunakan model PBL, terbukti dari hasil kondisi awal, siklus I, dan siklus II.


Keywords


Permainan Bola Kecil, Media Pembelajaran, Model Pembelajaran PBL

Full Text:

PDF

References


Mutiaramses, S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 06, 43–48.

Parasamya, C. E., & Wahyuni, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2018). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains, 1, 79–87.

Sarifudin, & Evendi, H. (2018). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas Viiasmpn 4 Kragilan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063–1077.

Suarim, B., & Neviyarni. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik Biasri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83.

Suherlan, E. (2019). Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cipaku Kecamatan Sukaraja. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1137. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7871




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v1i1.24663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.