PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PJOK SISWA KELAS VIII SMPN 1 KABILABONE DAN SMPN 2 GORONTALO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, bahwa ada perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, dibuktikan dengan thitung 2,136 dan ttabel (df 50;5%) 1,701 dengan nilai signifikansi p sebesar 0,088. Hasil dari thitung 2,136 > ttabel 1,701, dan nilai signifikansi 0,042 < 0,05, maka hasil ini menunjukkan terdapat perbandingan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontaloâ€, diterima. Artinya bahwa ada perbandingan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila Bone dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol. 1 No. 2
Candra, Oki, Nuridin Widya Pranoto, Ropitasari, Didik Cahyono, Ellyzabeth Sukmawati, dan Ansar CS. 2023. Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Volume 7 Issue 2 (2023) Pages 2538-2546 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)
Dzuldhi, Al'thur Sunnan. Wahjoedi. Peby Gunarto. 2022. Survei Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran PJOK di MIN 7 Jembrana. Volume 7 Nomor 2, ISSN: 2541-5042 (Online) ISSN: 2503-2976 (Print).
Putra, Kevin Wisnu Pradana. Resty Gustiawati. Rekha Ratri Julianti. 2020. Survei Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Menyenangkan Bagi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol.9, No.2. p-ISSN: 2089-2829, e-ISSN: 2407-1528.
Siregar, Sauli Farida. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pe
DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v3i2.25000
Refbacks
- There are currently no refbacks.

JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.