HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Sebagai Beriku : Apakah bisa meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning di Kelas VII SMP Negeri 3 Gorontlo?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar passing atas bola voli dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning. Berdasarkan data yang telah diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan penerapan model problem based learning sebagai metode pembelajaran dalam tahap pembeajaran Bola Voli dimata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan dua siklus, ternyata keberanian siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil belajar Passing Atas pada siswa kelas VII SMP N 3 Kota Gorontalo meningkat dari 52.08 pada kondisi awal menjadi 70,21 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 84.06 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran mempunyai pengaruh dalam peningkatan hasil Belajar Teknik Passing Atas Permainan bola Voli
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnes, M., Cosmas, P., & Farly Reynol, T. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan metode Demonstrasi Dn Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Tentang Hukum Newton. JurnalPendidikan Fisika , 10.
Agus, K. D. (2021). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Dengan Hasil Servis Atas Bola Voli. Jurnal PORKES , 1.
Agus, T., Alvinas, S. m., & Dona Sandy, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Passing Bawah Dan Pasing Atas Bola Voli Melalui Metode Drill Pada Ekstrakurikuler Bola Voli SMA. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia , 2.
Ahmad Yanuar, S., & Awaludin. (2023). Pengaruh Latihan Wallpass Terhadap Kemampuan Teknik Passing Atas Bola Voli Pada Siswa Kelas X IPA Madrasah Aliyah NAsyrul Ulum. Jurnal Pendidikan Jasmani KesehatanDancRekreasi , 40.
Anggi, W. P. (2023). Pengaruh Pengembangan Metode Problem Based Learning (PBL) TerhadapKemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD 1 Mardiatul Islamiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 5, 734.
Anik, H., & Henny, D. K. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Basicedu , 5, 1350.
Arie, A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Alat Bantu . Journal of phisical outdoor education , 25.
Jamil, Y., Wening, N., & Bachtiar. (2022). Keterampilan Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Education , 8, 1310.
Muflihah, A. (2021). Meningatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Peljaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesi , 2, 153.
Nanda, S., & Ishak, A. (2020). Tinjauan Tingkat Kondisi Fisik Pemain Bola Voli SMA 2 Pariaman. Jurnal Performa Olahraga , 34.
Retnaning, T. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. 50.
Sarinta, B. K., & Dewi, M. S. (2021). Implementasi Variasi Permainan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Bola Voli. Jurnal Dunia Pendidikan , 1.
Siti, K., & Ahdinia, F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran matematika , 4, 57.
Sofyan, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi. 57.
Sudarmanto, Amrizal, & Tofikin. (2021). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Passing Atas Bola Voli Atlet Klub Tunas Muda Pasir Utama . Jurnal Sport Rokania , 67.
Suriadi, Rahma, D., & Basyarudin, D. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Passing Bola Voli Berbasis Digital. Jurnal Prestasi , 11.
Ugi, N., & Ely, Y. (2021). Meningkatkan hasl Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Pendekatan Gaya Mengajar Latihan Menggunakan Audio Visual. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan , 234.
Vina, M. F., Asep, S., & Sri, P. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Dratan . Jurnal Tahsinia ( jurnal karya umum dan ilmiyah) , 5.
wardhani, I. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) , 187.
Yusril, K., & Vera Septi, S. (2022). Survei Keterampilan Teknik Dasar Atlet Bola Voli. Jurnal Porkes , 170.
Zaenal, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill. Journal Education Research And Development , 112.
DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v3i1.25001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.