MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN

Moh. Hendra Jenaan, Meyke Parengkuan, Haerul Ikhsan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli dengan Memodifikasi Media Bola. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika memakai modifikasi bola pada passing bawah permainan bolavoli, maka hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa akan Meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa melalui modifikasi media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor rata-rata dan persentase ketuntasan dalam pembelajaran passing bawah permainan bola voli. Perolehan nilai rata-rata pada observasi awal sebesar 50,10 dan sebanyak 9 orang dengan persentase 42,86% dan sebanyak 12 orang dengan persentase 42,86%, setelah dilakukan tindakan melalui modifikasi media pembelajaran pada siklus I sebesar 66,57 dan pada siklus II sebesar 80,06. Setelah menggunakan modifikasi media pembelajaran sebanyak 3 siswa (14,29%) dalam kategori tuntas dan 19 siswa (85,71%) dalam kategori belum tuntas pada siklus I sedangkan pada siklus II sebanyak 19 siswa (90,48%) dalam kategori tuntas dan 2 siswa (9,52%) dalam kategori belum tuntas. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan dalam penelitian ini telah sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yakni untuk pelajaran penjasorkes sebesar ≥75 atau 80%.


Keywords


Passing Bawah, Permainan Bola voli, Modifikasi Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2018

Azizah, Anisatul dan Fayakunia Realita Fatamorgana. 2021. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna p-ISSN :2657-1269 e-ISSN : 2656-9523

Effendi A.R & Ramadhansyah F, (2017). Peningkatan Pembelajaran Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola Menggunakan Modifikasi Bola Plastik. IKIP PGRI Pontianak.

Febnasari, Sindy Deni, Zainal Arifin dan Eka Sari Setianingsih. 2019. Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. VOL. 3 NO. 3.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 03, Nomor 01.

Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sleman: Deepublish Publisher

Sistiasih, Vera Septi, Sae Digdaya N, Putri Arista Dewi, dan Satrio Sakti Rumpoko. 2022. Analisis Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Mahasiswa Pendidikan Olahraga. Jurnal Ilmiah SPIRIT, ISSN; 1411-8319 Vol. 22 No. 2 Tahun 2022

Suarmawan, Kadek Ari, Made Ary Meitriana, dan Iyus Akhmad Haris. 2019. Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11 No. 2 Tahun 2019 p-ISSN: 2599 – 1418 e-ISSN : 2599 – 1426

Tenni Nurrita. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa. Jurnal Misyakat. Volume 3. Nomor 1. Halaman 172.

Yusmar Ali. 2017. Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bolavoli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar.Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP universitas Riau.Volume 1. Nomor 1. ISSN 2580-8435. Hal 143




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v3i1.25428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.