MEMBANGUN DESA LULUO KECAMATAN BILUHU KABUPATEN GORONTALO

sudirman sudirman, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Melalui Kegiatan KKN tematik desa membangun 2021 Mahasiswa di tuntut untuk berusaha dan mencoba mengamalkan, menerapkan serta mengaplikasikan segala ilmu yang telah diperoleh Dari proses perkuliahan untuk dapat menganalisis serta memecahkan permasalahan yang Dihadapi oleh masyarakat. Adapun target dan tujuan yang ingin di capai dalam proses pengabdian yaitu: (1) Orang tua mendapatkan pemahaman mengenai pola asuh yang baik untuk perkembangan dan kecerdasan anak; (2) dapat mewujudkan program desa dari segi infrastruktur, secara khusus agar dapat memetakan wilayah pada setiap dusun di desa (3) Menghasilkan dua produk sekaligus yaitu sayur dan ikan, dari satu unit produksi dan dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan Melelui Pembuatan Aquaponik; (4) Mempererat tali silahturahmi dan solidaritas antar masyarakat dengan melibatkan Karang taruna, masyarakat, dan aparat desa. Adapun beberapa capaian yang diperoleh selama pengabdian dengan beberapa program yaitu terbangunnya batas dusun sebagai tanda agar masyarakat maupun pendatang dapat mengetahui batas dusun desa Luluo, Masyarakat maupun para orang tua bisa memahami dan mendapatkan ilmu serta informasi mengenai pentingnya pola asuh yang baik dan benar serta masyarakat dapat mengetahui cara pemanfaatan air dari pemeliharaan ikan ke tanaman dan sebaliknya dari tanaman ke koalam ikan melalui Aquaponik.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. 2013. Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX.

Fitriani, L. 2015. Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera, 17(1).

Gitosaputro, S. 2006. Implementasi Participatory Appraisal (PRA) dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal pengembangan masyarakat Islam. Lampung.

Jannah, H. 2012. Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Program KKN-PPM, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dirjen DIKTI.

Lestari, R. T. (2011). Evaluasi Peran Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) terhadap Status Gizi, Kadar Hemoglobin dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa SD/MI Penerima PMT-ASKecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara Tahun 2010) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Permendagri no 45 tahun 2016 pedoman dan pengesahan batas desa

Rubiansyah AR. 2016. Pengaruh Perbedaan Jenis kaIn Terhadap Produktivitas Tanaman Kangkung Darat (Ipomea retanns) Pada Sistem Akuaponik. [Skripsi]. Universitas Padjadjaran.

Soemarwoto, O. 1994. Ekologi Lingkungan Hidup dan pembangunan. Bandung: Djambatamn

Zidni I, Herawati T, dan Liviawaty E. 2013. Pengaruh Padat Tebar Terhadap Pertumbuhan Benih Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) dalam Sistem Akuaponik. Jurnal Perikanan dan Kelautan.