PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI RUMAH MAKAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI KOTA GORONTALO

Putri Ayu Pola, Rendy Wijaya, Yumanraya Noho

Abstract


Kondisi indonesia sekarang ini sedang tidak stabil dikala pemerintah sedang berupaya untuk mengoptimalkan perekonomian di indonesia dengan adanya pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja selama masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif. Metode penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja di rumah makan pada saat pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo khususnya di Rumah Makan Roemah Marly, dimana perubahan tersebut pada intensitas konsumen untuk melakukan pembelian lebih dominan dilakukan secara online. Pada tahun 2020 sebagian besar konsumen melakukan pembelian secara online secara intens, namun untuk tahun 2021 pembelian secara online mulai berkurang dan mulai bisa untuk makan ditempat. Pembelian secara online memberikan dampak positif dan juga negatif konsumen, sehingga pemilihan dan preferensi konsumen akan pembelian online cukup beragam dan kontinuitas pemesana konsumen pada Roemah Marly juga bergantung pada bagaimana promo dari jasa penyedia kurir layanan antar makanan pemesanan secara online.


Full Text:

PDF

References


Al-Muraqabah. (2021). Implementasi Take Away Sebagai Konsep Penjualan pada Outlet Makanan Cepat Saji. Journal of Management and Sharia Business .

Albesta, M. (2013). Pengaruh kualitas makanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Caffe Warunk UPNormal Kota Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Atmodjo. (2020). Manejemen komplain-pada industri jasa pelayanan makanan-minuman. yogyakarta: ANDI.

Boyd L Walker. (1997). Manajemen Pemasaran,Jilid I, Ahli Bahasa oleh Imam Nurmawan Jakarta: Erlangga

Darmaatmadja, S. (2011). Rahasia Sukses Bisnis Restoran. Yogyakarta: Media.

Dyana, P. (2017). Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan di Rumah Makan Berbasis Android

Ekawatiningsih, R. d. (2019). Manejemen pelayanan makanan dan minuman . Yogyakarta: UNY Press.

Hatane Samuel. (2000) . Perilaku dan Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Melalui Stimulus 50% Discoun di Surabaya.Jurnal Manajemen Pemasaran.

Matsaini, 2013. Analisis Perilaku Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis .Volume1 No. 01.Edisi April 2011 Universitas Trunojoyo. Madura.

Kotler, P. (2015), Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat

Lalwani, D. (2016). Master Degree Thesis International Bussiness Management- A. Young Consumers Online and Offline Channel Purchase Behavior .

Lydia Geonadhi. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Aavanza Di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi.

Par, D. (1990/1991:2). Pengetahuan tata hidang teori & praktik. Jakarta: Erlangga.

Philip Khoter. (2009). Manajemen Pemasaran Prenhallindo. Jakarta:Edisi 9.

Rini Widiastuti, dkk.,(2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang : UB Pres.

Sumarwan. (2015). Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.