PENGARUH KINERJA KEUANGAN, EARNING PER SHARE, PRICE EARNING RATIO DAN CURRENT RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Debora Oktaviani Hutapea, Ever Walafiat Zebua, Ever Walafiat Zebua, Keumala Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel struktur aktiva, profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Populasi penelitian ini diperoleh 165 perusahaan yang terseleksi menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu sebanyak 120 dari 30 perusahaan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kinerja keuangan dan price earning ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan earning per share tidak berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan current ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan kinerja keuangan, earning pershare, price earning ratio dan current ratio berpengaruh terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Current Ratio, Earning Per Share, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Price Earning Ratio

Full Text:

PDF

References


Hanafi, Mamduh. M., Halim, Abdul. (2016). Analisis Laporan Keuangan Edisi Ke 5.

Haryati Winur, dan Sri Ayem. (2014). Pengaruh Return On Assets, Debt To Equity Ratio, Earning Per Share Terhadap Nilai Perusahaan (study kasus pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI periode 2009-2011), Jurnal Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Vol.2 , No.1 , Juni 2014.R 52-54.

Hery. (2016). Teori Akuntansi “Pendekatan Kosep dan Analisis. Jakarta: PT Grasindo.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ni luh Devianbasari, Ni puu Santi. (2015). “Pengaruh Price Earning Ratio, Debt To Equiy Ratio Dan Deviden Payout Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Eek Indonesia”. Vol. 4. No. 11 ISSN : 2302-8912.

Nila Izatun Nafisah, dkk. (2018). “Pengaruh Return On Assets (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Curretn Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER), Total Assets Turnover (TATO), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi Volume 6, No 2, 12-15.

Putri Utami, welas. (2019). “Pengaruh Current Ratio, Return On Aset, Total Aset Turnover Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan”. Junal Akuntansi dan Keuangan Vol. 8 No. 1, 57-56.

Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori Dan Praktik. Jakarta : Erlangga.

Sugiono, Arief. (2016). Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan. Jakarta : PT Grasindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukma Mondra, Teguh Erawati. (2014). “Pengaruh Earnng Per Share (EPS), Ukuran Perusahaan, Profitabiitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal akuntansi Vol. 2 No.2, 10-20.

Sujarweni, Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta : PUSTAKA BARU PRESS.




DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v3i2.10452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Debora Oktaviani Hutapea

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jambura Economic Education Journal has been indexed:


PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

 
Jambura Economic Education Journal (E-ISSN: 2656-4378)(P-ISSN: 2655-5689) by program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.