PENERAPAN MEANINGFUL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R.W. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Faslah, R. (2011). Pemanfaatan Internet dalam Pengembangan Konsep IPS dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bermakna. Econo Sains, IX (2), hlm. 167-170
Harefa, A.O. (2013). Penerapan Teori Pembelajaran Ausubel dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa. Medan, Universitas Dharmawangsa, hlm. 43-55
Hasbullah. (2008). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3 (1). 53-62
Lahadisi. (2014). Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib, 7 (2), hlm. 85-98
Najib, D.A. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal Ilmiah PGRI, 2 (1), hlm. 19-28
Oktasari, C. (2015). Pengaruh Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 Di SMAN 5 Solok Selatan. Padang: (STKIP) PGRI Padang Sumatera Barat
Qibtiyah, D.M. (2015). Kemampuan Menerapkan Pembelajaran Bermakna Menurut David Ausubel Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik Guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Yogyakarta
Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi, 1 (1), hlm. 43-48
Setyo, A. (2011). Pembelajaran Bermakna Berpendekatan Sets Pada Pembelajaran Biologi untuk Menumbuhkan Kepedulian terhadap Lingkungan. Bioma, 1 (2), hlm. 161-170
Shoffa, S. (2016). Penerapan Strategi Meaningful Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Umsurabaya pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1 (2), hlm. 137-143
Subanji. (2014). Teqip sebagai Wahana Mewujudkan Pembelajaran Bermakna dan Membangun Karakter Bangsa. J-Teqip, V (2), 307-318
Suparno,P. (1997). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Sutadji, E. dkk. (2013). Pembelajaran Bermakna dengan Lesson Study Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19 (2), hlm. 142-148
Tandirerung, N. dkk. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Palu. Jurnal Katalogis, 5 (7), hlm. 158-168
Vallori, A.B. (2014). Meaningful Learning in Practice. Journal of Education and Human Development, 3 (4), hlm. 199-209
DOI: https://doi.org/10.37905/jhcj.v5i2.20479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jambura History and Culture Journal (ISSN Online: 2686-1070 | ISSN Print: 2654-6388) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.