METODE EKSPERIMEN DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN SEJARAH

Kautsar Niara, Iis Husnul Hotimah

Abstract


This research explains the use of experimental methods in historical education research, highlighting its origins, theories, processes, and trends. Originally used in science and psychology, this method is now applied in history education. Its accuracy helps overcome the complexity of history learning issues. Data was collected from various sources, confirming the effectiveness of the experiments in this study. This method has been proven to be accurate, facilitating research in an increasingly complex field, and reflecting the evolution and adaptation of research methodology across disciplines.

Keywords


Experimental methods; history education; research

Full Text:

PDF

References


Alfian, Y. S. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran meringkas dan format presentasi terhadap hasil belajar penalaran argumentatif pada matapelajaran sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan Humanior, I(III), 221-223.

Creswell, J. W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. PearsonEducation Inc.

Edrusalwi. (2008). Sejarah penelitian pendidikan. Diperoleh dari https://edrusalwi.wordpress.com/2008/09/14/sejarah-penelitian-pendidikan/

Eviyanah, E., Dkk. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran koperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, VII(I), 40-50.

Handayani, E. S. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, V(II), 16-27.

Horohiung, V., Dkk. (2017). Pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 72 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, VI(I), 1-10.

Ibrahim, A. (2018). Pengaruh metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah SMA Negeri 1 Parung. Jurnal Pendidikan Sejarah, VII(I), 29-39.

Monalita, E. (2015). Efektivitas pendekatan terpadu untuk meningkatkan berpikir kritis pembelajaran sejarah di sekolah menengah kejuruan (SMK) di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, X(II), 12-26.

Neuman, W. L. (2006). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Pearson.

Nurillah, I. S. (2016). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif Team Assisted Of Individualitation terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri I Karawang. Jurnal Pendidikan Sejarah, V, II, 28-41.

Oktivianto, O. I., Dkk. (2018). Pengaruh implementasi model pembelajaran Role Playing dengan media film terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran sejarah materi perang Palembang kelas X di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan, III(II), 113-118.

Permana, N., Dkk. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan kesadaran sejarah pada mata pelajaran sejarah terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Muara Bungo/Jambi. Jurnal Pendidikan Sejarah, VI(II), 1-8.

Priyadi, S. (2012). Metode penelitian pendidikan sejarah. Ombak.

Rosana, L. N. (2014). Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, III(1), 34-44.

Santosa, Y. B. P., Dkk. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berfikir kreatif terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 5 Depok Kelas 11 IPS. Jurnal Pendidikan Sejarah, VI(II), 1-11.

Sarlian, S. (2010). Hubungan pemahaman sejarah kebangkitan Nasional Indonesia dan motivasi belajar sejarah dengan wawasan kebangsaan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kabupaten Karanganyar (Tesis). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sukino, P. (2014). Pengaruh metode pembelajaran dan pemahaman konsep sejarah terhadap hasil belajar sejarah mahasiswa FIPS Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Sejarah, I(I), 18-27.

Sulistiyo, M. G. (2010). Implementasi model pembelajaran sejarah berbasis portofolio pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jati Kudus. Jurnal Paramita, XX(1), 82-92.

Tanjung, S. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar sejarah. Jurnal Paramita, XXV(II), 261-271.

Taupik, Dkk. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap sikap siswa pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Karawang. Jurnal Pendidikan Sejarah, VI(II), 1-9.

Trisnawati, D. (2015). Pengembangan modul pembelajaran sejarah berbasis pendidikan karakter dalam meningkatkan nasionalisme di sekolah pendidikan layanan khusus Yayasan Girlan Nusantara. Jurnal Pendidikan Sejarah, X(II), 41-52.

Wiriatmadja, R. (2010). Metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Progran Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia & Remaja Rosdakarya.

Wulandari, T. (2010). Pembelajaran IPS sebagai media penanaman nasionalisme. Istoria, VIII(1).




DOI: https://doi.org/10.37905/jhcj.v6i1.22940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Lt. II Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jenderal Sudirman No.6, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96128, Indonesia
E-mail: jhcjjournal@ung.ac.id
Creative Commons License
Jambura History and Culture Journal (ISSN Online: 2686-1070 | ISSN Print: 2654-6388) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.