BIOGRAFI MARCO KARTODIKROMO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aristya, F., Fath, A.M.A., & Mabruri, Z.K. (2017). Penanaman Nilai Kepahlawanan dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar di Gugus Teuku Umar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2): 1377-1426.
Arrazaq, N.R. (2019). The Value of Character Education Based on History of The Mataram Kuno Kingdom in The 8th-9th AD. Istoria: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 15(1),1-14.
Arrazaq, N.R. & Tanudirjo, D.A. (2021). Potensi Prasasti Sumuṇḍul sebagai Sumber Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 17(2),1-10.
Bancin, M.G., Corry., & Haloho, B. (2023). Pemahaman Nilai-Nilai Kepahlawanan Soekarno dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Role Playing. Journal on Education, 5(4): 13498-13514.
Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umu, 21(1): 33-54.
Hatapayo, M.S. & Fitriani, A. (2022). Surat Kabar dan Propaganda Marco Kartodikromo Melawan Praktik Kolonialisme Hindia Belanda. NOUMENA: Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan, 3(1): 1-30.
Jayanti, T., Nuryatin, A., & Mardikantoro, H.B. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Biografi Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP. Seloka, 4(2): 65-71.
Lionar, U. & Fithriah, R. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Sejarah Lokal Sumatera Barat sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 10(1): 277-288.
Muhammad. (2018). Sumber Belajar. Mataram: Sanabil.
Ratri, A.M. (2019). Spreading Nationalism in The Early 1900s: Marco Kartodikromo's Typical Approaches in Indonesia. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(2): 239-248.
Sayono, D. (2022). Biografi dan Studi Tokoh Sejarah. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(2): 415-426.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D , dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Syafithri, N., Suyanto, E., & Ariyani, F. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Biografi Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar dan Kelayakannya. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2): 1-11.
Tasnur, I., Mustamin., & Wati, F.W. (2020). Penerapan Historical Approach dalam Proses Pembelajaran Pancasila di Perguruan Tinggi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1): 1-8.
Tasnur, I. & Sudrajat, A. (2020). Teori Kritis: Perkembangan dan Relevansinya terhadap Problematika di Era Disrupsi. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 6(1): 33-51.
Yusuf, S.M., Syarqiyah, I.N., & Arrazaq, N.R. (2019). Arloka Map: Media Pengenalan Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Kawasan Candi Prambanan. Berkala Arkeologi, 39(2): 235-256.
DOI: https://doi.org/10.37905/jhcj.v6i1.22965
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jambura History and Culture Journal (ISSN Online: 2686-1070 | ISSN Print: 2654-6388) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.