PERANCANGAN RUMAH SAKIT KHUSUS KANKER DI GORONTALO DENGAN PENDEKATAN GREEN ARCHITECTURE BERBASIS HEALING ENVIRONMENT

Calvin Wemfried Horman, Muhamad Rizal Mahanggi, Berni Idji

Abstract


WHO (World Health Organization) menyatakan kanker merupakan penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di ke-2 dunia. Gorontalo sendiri untuk penderita kanker tergolong tinggi, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo jumlah penderita kanker pada tahun 2018 dengan jumlah 877 orang dan terjadi peningkatan pada tahun 2019 dengan 914 orang. Rumah sakit di Gorontalo belum memiliki standar fasilitas yang memadai dalam menangani penyakit kanker sehingga terjadinya rujukan pengobatan ke luar daerah. Berdasarkan permasalahan yang didapati maka diperlukannya “Perancangan Rumah Sakit Khsus Kanker di Gorontalo dengan pendekatan Green Architecture berbasis Healing Environment” bertujuan untuk memenuhi tunjangan dan kebutuhan dalam peningkatan Kesehatan masyarakat yang berfokus pada pengobatan penyakit kanker di Gorontalo.

Metodologi yang diterapkan dalam penyususnan adalah pengumpulan data baik data sekunder maupun data primer yang dapat menunjang proses penyususnan acuan perancangan Rumah Sakit Khusus Kanker di Gorontalo Dengan Pendekatan Green Architecture berbasis Healing Environment, kemudian dilanjutkan dengan metode analisa berupa analisa tapak dan analisa bangunan.

Berdasarkan analisa yang dilakukan maka hasil yang diperoleh perancangan Rumah Sakit Khusus Kanker di Gorontalo dengan Pendekatan Green Architecture berbasis Healing Environment yaitu mengonsepkan Rumah Sakit Khusus Kanker yang memadukan dan mengaitkan antara konsep arsitektur hijau (green architecture) yang memperhatikan aspek lingkungan penyembuhan (healing environment) serta memenuhi fasilitas yang menunjang penyembuhan di rumah sakit khusus kanker, sehingga perancangan rumah sakit khusu kanker dapat menjadi salah satu rujukan dan pusat pengobatan kanker di Indonesia.


Keywords


Rumah Sakit Khusus Kanker, Kanker, Green Architecture, Healing Environment

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v3i2.11915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Calvin Wemfried Horman, Muhamad Rizal Mahanggi, Berni Idji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.