Wahana Edutainment Astronomi di Gorontalo

Nur Mahmuddin Hatlah, Vierta Tallei, Kalih Trumansyahjaya

Abstract


Planetarium merupakan salah satu fasilitas astronomi modern yang menunjukkan simulasi fenomena alam seperti susunan bintang dan benda-benda langit. Planetarium akan sangat berperan sebagai tempat wisata yang menghadirkan sarana pendidikan terkait ilmu astronomi bagi seluruh lapisan masyarakat dan juga sebagai wadah untuk para penggiat astronomi di Gorontalo. Mengingat  jumlah planetarium di Indonesia yang masih sedikit, diharapkan planetarium ini dapat menambah wawasan IPTEK masyarakat dalam bidang astronomi agar bisa bersaing di tingkat internasional.  Tujuan dari penelitian ini adalah terwujudnya desain wahana edutainment astronomi di Gorontalo dengan struktur bentang lebar dan pendekatan arsitektur futuristik yang dapat meningkatkan daya tarik masyarakat dalam mempelajari ilmu sains astronomi.

Metode penelitian yang dilakukan pada perancangan ini berupa studi objek dan tema perancangan , Studi lokasi, Input dan analisis perancangan serta konsep perancangan. Proses analisisnya menggunakan metode perancangan rasional ataupun glass box dengan analisis kontekstual. Pelaksanaan metode ini dengan menganalisis kondisi lingkungan pada lokasi perancangan, serta mengumpulkan data-data fisik dan non fisik lapangan yang akan dianalisis secara bertahap dan akan menjadi gagasan awal desain dalam merancang bangunan planetarium. Hasil laporan berupa konsep perancangan dalam bentuk 2D berupa gambar kerja dan 3D berupa animasi dan maket.

 


Keywords


Wahana Edutainment Astronomi di Gorontalo, Astronomi, futuristik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v3i2.13008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Mahmuddin Hatlah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Â