Perancangan Kantor Dinas Pendidikan Kota Gorontalo dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular
Abstract
ABSTRAK
Irmawati. 2021. Kantor Dinas Pendidikan Kota Gorontalo Dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular. Skripsi. Program Studi S1. Jurusan Teknik Arsitektur. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Lydia S. Tatura, ST., M.Si. Pembimbing 2 Moh. Faisal Dunggio, ST., MT.
Kegiatan pembangunan kota merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembangunan secara keseluruhan. Dalam perkembangan suatu kota berdampak terhadap perubahan penggunaan lahan terutama perubahan lahan yang kurang produktif menjadi lahan yang produktif atau sebaliknya. Perubahan yang terjadi dan perubahan penggunaan lahan yang diakibatkan dari perkembangan kota memerlukan adanya suatu aspek pengendalian yang baik melalui penyusunan rencana tata ruang kota.
Pemerintah kota Gorontalo sendiri sudah mulai menata beberapa kawasan menjadi suatu kawasan perkantoran, perdagangan maupun perekonomian di beberapa titik. Salah satu gedung instansipun didirikan dikawasan ini yaitu kantor Dinas Pendidikan kota Gorontalo. Namun, melihat kondisi kantor dinas pendidikan kota gorontalo saat ini dengan fasilitas yang kurang memadai dan desain bangunan yang tidak representatif dan sesuai dengan standar kantor pada umunya. Sehingga, dampak dari kekurangan ini menyebabkan ketidaknyamanan pegawai saat bekerja maupun saat kedatangan tamu, sehingga ini menjadi daya tarik penulis untuk merancang kantor dinas pendidikan yang sesuai dengan standar kantor dan desain yang sesuai dengan kebutuhan.
Dalam perancangan kantor dinas pendidikan kota gorontalo ini menggunakan pendekatan arsitektur neo vernakular, dimana desain kantor dinas pendidikan ini mengutamakan kebutuhan pengguna dan tetap memperhatikan bentuk desain bangunannya.
Kata Kunci : Kantor Dinas, Pendidikan, Arsitektur neo Vernakular
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v4i2.17427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Irmawati Irmawati Irmawati, Lydia Surijani Tatura, Mohamad Faisal Dunggio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN CETAK: 2654-5896
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.