PENERAPAN ARSITEKTUR PERILAKU PADA RANCANGAN PUSAT KEGIATAN BERMAIN ANAK-ANAK DENGAN METODE EDUKASI PROFESI DI PROVINSI GORONTALO

Sofina Mooduto, Niniek Pratiwi, Ernawati Ernawati

Abstract


 

ABSTRACT.

Playing is an activity in childhood that reflects a child’s growth and provides a unique enjoyment when the child plays. Education is an important asset for a child’s future, and many parents prepare their children’s education even from a very young age. In Gorontalo Province there are several early childhood education service with children’s play facilities, but the available professional education play facilities are still fairly modest. So that it requires a center or container that accommodates all professional educational play activities for children. This educational play facility aims to provide children’s play needs while learning in a fun way. Additionally, it is expected that this facility can also assist parents is monitoring the talents and interests of their children so that it can be easier to guide them toward their desired profession. The children’s play different prefessions, not only for learning and familiarization but also for simulating the actual experience of the profession. In this design, the method employs a concept review that results in site analysis, space program analysis, and then obtaining zoning on the design site. The concept and theme applied was Behavioral Architecture, which aimed to create a space  that could accommodate children’s activities by understanding the true behavior of children. The result of this design is the design of the children’s play center with a professional education method, including the concepts of zoning arrangement, vehicle and pedestrian circulation, the building shape, and the implementation of behavioral architecture in the building design, which facilitates the children’s play activity with a professional education method.

 

Keywords: Children, Play, Professional Education, Behavioral Architecture

 

ABSTRAK.

Bermain adalah suatu kegiatan pada masa kanak-kanak yang merupakan cermin pertumbuhan anak serta memberikan kesenangan tersendiri ketika anak melakukan kegiatan bermain. Pendidikan adalah bekal yang penting untuk masa depan anak. Banyak orang tua yang menyiapkan pendidikan anak-anak mereka bahkan dari usia yang masih sangat dini. Di Provinsi Gorontalo terdapat beberapa pelayanan Pendidikan anak usia dini dengan fasilitas bermain anak-anak, namun fasilitas bermain edukasi profesi yang tersedia masih terbilang seadanya, sehingga membutuhkan sebuah pusat atau wadah yang dapat menampung segala aktivitas bermain edukasi profesi anak. Fasilitas bermain edukatif ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan bermain anak sambil belajar dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, fasilitas ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dalam memantau bakat dan minat anak sehingga dapat lebih mudah untuk mengarahkan mereka pada profesi yang diinginkan. Pusat kegiatan bermain anak-anak dengan metode edukasi profesi merupakan tempat anak-anak bermain peran dengan memeragakan profesi, tidak hanya untuk pengenalan tetapi juga untuk bermain seperti profesi yang sebenarnya. Dalam perancangan ini, metode yang digunakan adalah telaah konsep yang menghasilkan analisa site, analisa program ruang kemudian akan mendapatkan zonifikasi yang ada pada site rancangan. Konsep dan tema yang akan diterapkan yaitu Arsitektur Perilaku yang bertujuan untuk menciptakan ruang yang dapat mewadahi aktivitas anak-anak dengan memahami perilaku yang sesungguhnya dari anak. Hasil dari perancangan ini adalah desain rancangan pusat kegiatan bermain anak-anak dengan metode edukasi profesi seperti konsep penataan zoning, konsep sirkulasi kendaraan dan pejalan kaki, konsep bentuk bangunan serta konsep penarapan arsitektur perilaku pada rancangan bangunan yang memfasilitasi kegiatan bermain anak-anak dengan metode edukasi profesi.

 Kata kunci: Anak-anak, Bermain, Edukasi Profesi, Arsitektur Perilaku


Full Text:

PDF

References


Andriyansa, R., Sulistyo, B. W., & Atika, F. A. (2021). Penerapan Tema Arsitektur Perilaku pada Desain Fasilitas Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 2(1), 31–36.

BPS Kota Gorontalo. (2021). Kota Gorontalo Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik.

Galih Pradana, A., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2019, 2(1), 49–53.

Hanafi, H. (2017). Pemilihan Profesi Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, Vol 3(No )1), 1–20.

Haryadi dan B. Setiawan. (2022). Arsitektur, Lingkungan, Dan Perilaku (cetakan ke). GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Isnanto, R. (2009). Bab I Perkembangan Etika Profesi. Buku Ajar Etika Profesi, 1–9.

Nurmala Hayati. (2021). PERANCANGAN TAMAN KANAK-KANAK DI BANDA ACEH (PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU). 74.

Rachman, S. (2010). Konsep Perencanaan dan Perancangan Rumah Singgah Anak Jalanan di Surakarta Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku Studi Kasus Kecamatan Banjarsari. 1–210.

Ruang, D. T., & Gorontalo, K. (2021). Rencana Detail Tata Ruang Kota Gorontalo Tahun 2021-2041.

Satya, I. G. N. N. I. P., Hartawan, I. P., & Gunawarman, A. A. G. R. (2022). Penerapan Pendekatan Arsitektur Perilaku dalam Children Care Center di Kabupaten Badung, Bali. UNDAGI: Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa, 10(1), 188–197.

Siti Nurul Aini. (2018). Perancangan Wahana Rekreasi Anak Berbasis Edukasi Profesi Dengan Pendekatan Arsitektur Behaviour Setting Di Batu.

Tiara, R., & Astari, K. (2019). Rumah Singgah Anak Jalanan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Yoyok Agustina, Ari Widyati Purwantiasning, & Lutfi Prayogi. (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Perilaku Pada Penataan Kawasan Zona 4 Pekojan Kota Tua Jakarta. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 2(2), 83–92.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v5i2.21531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sofina Mooduto, Niniek Pratiwi, Ernawati .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.