PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN PADA PERANCANGAN PELABUHAN PENYEBERANGAN KELAS III SALAKAN KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN

Muh. Wirawan Kiliu, Zuhriati Djailani, Muhammad Rijal Syukri

Abstract


Pelabuhan sebagai salah satu unsur dalam penyelenggaraan pelayaran memiliki peranan yang sangat penting dan strategis sehingga penyelenggaraannya dikuasai oleh negara dan pembinaannya dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menunjang, menggerakkan dan mendorong pencapaian tujuan nasional.

Pelabuhan penyeberangan adalahpelabuhan yang khusus dipergunakan untuk angkutan penyeberangan dengan menggunakan kapal ro-ro. Pelabuhan penyeberangan Salakan merupakan pelabuhan yang terletak di desa Bongganan Kec.Tinangkung Kab.Banggai Kepulauan, dengan tujuan Luwuk Kab.Banggai. Pada perancangan pelabuhan penyeberangan salakan menggunakan penekanan arsitektur modern, hal ini didasari karena gaya arsitektur modern adalah sederhana serta desain lebih menekankan pada fungsi dari bangunan tersebut.

Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode deskriptif. dengan menganalisis kondisi lokasi serta mengumpulkan data-data fisik ataupun non fisik. Tujuan perancangan pelabuhan salakan adalah untuk mengatasi persoalan yang ada pada pelabuhan saat ini dan dapat meningkatkan fungsi pelayanan Pelabuhan Salakan sebagai pelabuhan kelas III. manfaat dari perancangan ini adalah tampilan dari terminal pelabuhan yang terlihat lebih modern yang terlihat pada fasad bangunan, trestle dan dermaga sandar kapal.


Keywords


Pelabuhan; Pelabuhan Kelas III; Arsitektur Modern

Full Text:

PDF

References


Belinda Amri, S., Jurusan Arsitektur, M., Teknik, F., Halu Oleo, U., & Pengajar Jurusan Arsitektur, T. (2020). PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR MODERN PADA PUSAT INFORMASI (Vol. 5, Issue 2).

Febriani, O. K., Riskiyanto, R., & Iswanto, D. (2003). AUDITORIUM UNISSULA SEMARANG DENGAN PENEKANAN DESAIN. 137–144.

Perancangan, A., & Oleh, D. (2019). PERANCANGAN MUSEUM TARI DI KOTA MAKASSAR.

Ramadhan, A., Armono, H. D., Eng, M., & Sambodho, E. K. (2016). FINAL PROJECT-MO 141326 ECOPORT CONCEPT APPLICATION IN PORT OF TANJUNG PERAK, SURABAYA.

RDTR Kec Gamping, P. (2017). BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Kajian Lokasi Perancangan 2.1.1 Kawasan Gamping.

Riyadi, G. W., Mauliani, L., & Sari, Y. (n.d.). Penerapan Arsitektur Modern Pada Bangunan Singapore Polytechnic di Tangerang ( PENERAPAN ARSITEKTUR MODERN PADA BANGUNAN SINGAPORE POLYTECHNIC DI TANGERANG.

Susilowati, & Timur, J. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. In Jurnal Komunikasi (Vol. 2). http:/www.bsi.ac.id

Tri Wicaksono, M. R. T. (2020a). KAJIAN ARSITEKTUR MODERN PADA PRASARANA SEKOLAH KEBERBAKATAN OLAHRAGA (SKO). Jurnal Arsitektur ZONASI, 3(2), 252–260. https://doi.org/10.17509/jaz.v3i2.24683

Tri Wicaksono, M. R. T. (2020b). KAJIAN ARSITEKTUR MODERN PADA PRASARANA SEKOLAH KEBERBAKATAN OLAHRAGA (SKO). Jurnal Arsitektur ZONASI, 3(2), 252–260. https://doi.org/10.17509/jaz.v3i2.24683




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v5i2.21654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh. Wirawan Kiliu, Zuhriati A. Djailani, Muh. Rijal Syukri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.