PENERAPAN ARSITEKTUR ANALOGI PADA PERANCANGAN SEKOLAH TINGGI SENI MUSIK DI GORONTALO

Mario Husain, Heryati Heryati, Nurnaningsih Nico Abdul

Abstract


Numerous musical enthusiasts in Gorontalo would like to further their education; however, they have to face the fact that educational facility does not exist in their area. There is no music art high school in Gorontalo that was created to accommodate prospective students who wish to continue their education in the music field. Those music enthusiasts study through independent learning, private course, or social media such a YouTube, Instagram, Facebook, and others online media. Therefore, music is one field that needs to be developed and facilitated in Gorontalo. Further, the data were collected through interviews, direct observation, and literature studies. The data is then processed into a design concept that uses an analogy as its approach. This design concept was then used to guide the College of Music Arts building in Gorontalo.

Banyak peminat musik di Gorontalo yang ingin melanjutkan ilmu bermusiknya masih dihadapkan dengan fakta bahwa tempat untuk menimba ilmu yang mereka minati ternyata tidak ada di daerahnya. Di Gorontalo sendiri belum terdapat sekolah tinggi seni musik yang dibuat untuk dapat menampung minat calon mahasiswa di Gorontalo yang ingin melanjutkan ilmunya di bidang bermusik. Rata-rata dari mereka yang memiliki minat terhadap musik, belajar secara mandiri melalui kursus privat ataupun hanya melalui media internet seperti YouTube, Instagram, Facebook dan media online lainnya. Oleh karena itu, musik menjadi salah satu bidang yang perlu dikembangkan dan difasilitasi di Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tiga cara pengumpulan data yakni, Wawancara, Observasi Langsung, dan Studi Literatur. Melalui tahapan pendekatan dengan mengumpulkan data-data yang ada, kemudian mengungkapkan masalah yang didapati dan membuat tujuan perancangannya sekaligus menyusun teori-teori yang bisa mendukung pada saat perancangan. Hasil yang didapat melalui analisis diolah menjadi sebuah konsep perancangan dengan menggunakan analogi sebagai pendekatannya. Konsep perancangan ini untuk kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam merancang bangunan Sekolah Tinggi Seni Musik di Gorontalo.


Keywords


Analogy Architecture; Design; School of Music

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D. R. S. (2009). Tinjauan akustik perancangan interior gedung pertunjukan. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 7(1).

Broadbent, Geoffrey. (1973). Design in Architecture. John Wiley & Sons. Chichester. New York. Brisbane. Toronto

zzati, H., & Nurjaman, A. (2020). Kajian Prinsip Arsitektur Analogi pada Massa Bangunan Hotel U Janevalla Bandung. Jurnal Arsitektur Archicentre, 3(2), 64-72.

Mantiri, Y. Y., & Siswanto, W. (2013). Eksplorasi musik dalam morfologi arsitektur [Exploration of music in architectural morphology]. Media Matrasain, 10(3), 28-41.

Muslimin, M., & Ashadi, A. (2020). Penerapan Konsep Arsitektur Analogi Pada Bangunan Museum Purna Bhakti Pertiwi [Application of Analogical Architectural Concept on the Purna Bhakti Pertiwi Museum Building]. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 4(2), 1-6.

Nindya, S. (2012). Keterkaitan musik dengan arsitektur. Depok: Departemen Arsitektur Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Purwantiasning, D. (2016). Transformasi Musik Dalam Bentuk Arsitektur. NALARs, 15(2), 149–

Purwantiasning, A. W., & Djuha, A. M. (2016, Februari 4). Musik Dalam Dimensi Ruang Arsitektur [Online article]. Republika Online

Zarzar, A. (2008). Penggunaan Analogi dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi, 2(1), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v6i1.21656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mario Husain, Heryati Heryati, Nurnaningsih Nico Abdul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.