PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU PADA PUSAT PENGEMBANGAN KETERAMPILAN REMAJA DIKOTA GORONTALO
Abstract
Dewasa ini, banyak remaja yang tidak memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menempuh pendidikan formal yang tetap, namun mereka masih memiliki semangat untuk mendapatkan keterampilan, pendidikan, atau bahan ajar yang dapat membantu menemukan arah masa depan, legalitas kompetensi, dan lapangan pekerjaan. Di kota Gorontalo, belum ada wadah/sarana terpusat serta terintegrasi untuk mewadahi dan megembangkan bakat dan keterampilan para pemuda di kota Gorontalo ini. Untuk itu diperlukan Pusat Pengembangan Keterampilan Remaja yang nantinya diharapkan dapat dimaksimalkan oleh remaja, serta memiliki sarana dan prasarana penunjang yang dapat mewakili perilaku, kreatifitas dan kedinamisandari remaja sasaran. Pendekatan yang digunakan dalam rancangan ini adalah pendekatan arsitektur perilaku yang memiliki prinsip-prinsip yang memiliki timbal balik antara perilaku remaja dan desain arsitektural sebagai lingkungan fisik.
Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana merancang wadah/sarana Pusat Pengembangan Keterampilan Remaja yang dapat memenuhi kebutuhan proses pembelajaran untuk mewujudkan pendidikan keterampilan remaja yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan konsep arsitektur perilaku dengan kajian teori arsitektural untuk menganalisis kebutuhan pengguna, program ruang, sirkulasi, hingga spesifikasi konsep perancangan bangunan, sehingga hal-hal tersebut dapat diimplementasikan pada desain. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini adalah metode kualitatif yaitu studi dokumen, terdapat teori literatur untuk mendukung data-data pada desain dan observasi data eksisting yang ada di lapangan. Selanjutnya hasil dari penelitian ini berupa desain konsep yang mendekati prinsip desain arsitektur perilaku, yaitu dengan menekankan pada bagian eksterior yaitu penggunaan fasad dengan warna yang berani dan bentuk yang tidak monoton, kemudian pada interior, penggunaan atrium hijau di tengah bangunan sebagai work space remaja, pada bagian koridor lantai menggunakan lukisan mural sehingga menghasilkan desain Pusat Pengembangan Keterampilan Remaja di Kota Gorontalo.
Keywords
References
Aziez, S., Arisandi, B., Falahi, K., Maisari, L., Sastra, F., & Pamulang Tangerang Selatan, U. (2020). Pelatihan Videografi Dan Konten English Translation Di Yayasan Saung Mata Hati Kelurahan Pondok Benda Pamulang Kota Tangerang Selatan Video Training and English Translation Content in Saung Mata Hati Foundation Pondok Benda Sub-District Pamulang, South Ta. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1141–1152.
DJ, Y. R. (2020). Pengaruh Keterampilan Dan Etos Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Cv Mandiri Trans Di Surabaya. Media Mahardhika, 19(1), 16–20. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i1.191
LIE, S. (2014). Kajian Penggunaan ruang Publik dengan pendekatan Arsitektur Perilaku (Studi Kasus: PKL di Jalan Sutomo Medan dan Sekitarnya). Pemetaan Perilaku, 79–100. https://docplayer.info/68035349-Kajian- penggunaan-ruang-publik-dengan-pendekatan-arsitektur-perilaku.
Montanesa, D., & Karneli, Y. (2021). Pemahaman Remaja Tentang Internet
Sehat Di Era Globalisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1059– 1066. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/509
Naibaho, T. I., Irma, U., & Hanafiah, M. (2016). BACA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SWASTA Studi kasus : Perpustakaan Learning Center , Telkom University dan Perpustakaan Universitas Parahyangan bersama yang dirasa mengganggu kenyamanan pengguna . Seperti jarak peletakan antar rak. 1(3), 283–296.
Nusa, M. A. H. (2019). Pusat Permainan Tradisional Bugis Makassar dengan pendekatan Arsitektur Perilaku. UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uinalauddin.ac.id/id/eprint/17256
Oktiningrum, W., & Wardhani, D. A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Soal Higher Order Thinking Skills. MaPan, 7(2), 281–290. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a8
Putri, S. A., & Lissimia, F. (2020). KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU PADA STASIUN KERETA API ANTAR KOTA Studi Kasus Stasiun Bandung , Stasiun Gambir , dan Stasiun Pasar Senen. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 04, 47–54.
Saputri, A., Widyarthara, A., Putra, G. A., Arsitektur, P., & Arsitektur, D. P. (n.d.). LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK ( LPKA ) KELAS DI
BLITAR TEMA : ARSITEKTUR PERILAKU Tujuan perancangan Lembaga Pembinaan Khusus Anak dengan. 531–548.
DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v6i2.24853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) Nurrizka Febriany Ramdhani Febriany Ramdhani, Lydia Surijani Tatura, Ernawati Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN CETAK: 2654-5896
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.