Hubungan Tingkat Stres Remaja Dengan Kemampuan Beradaptasi Di Asrama Pondok Pesantren Sabrun Jamil

Nur Alvira Bau, Laksmyn Kadir, Ramly Abudi

Abstract


Severe stress can make the adaptability of adolescents adaptive or maladaptive and threaten a person's ability to deal with their environment. The aim of this study was to determine the relationship between adolescent stress levels and adaptability. This is a quantitative observational analytical study with a cross sectional design. The sample size was 69 teenagers who were selected using proportional stratified random sampling. Data were collected using the Depression Anxiety Stress Scale (DASS 42) questionnaire for stress levels and the Individual Adaptability (I-ADAPT) questionnaire for adaptability. The data were analyzed using the chi-square test statistical test. The results showed that adolescents who experienced severe stress with maladaptive adaptability of 30 (54.5%). The results of the analysis show that there is a significant relationship between adolescent stress levels and adaptability with p value = 0.000 < = 0.05. there is a relationship between stress levels and adaptability in adolescents. counseling guidance is needed for students who experience stress and the ability to adapt.


Keywords


Stress, Adaptability, Youth

Full Text:

PDF

References


Fitriani, Livia; Perdani, Zulia Putri; Riyantini, Yanti. Hubungan Tingkat Stres Remaja dengan Kemampuan Beradaptasi di Pondok Pesantren Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 2020, 2.1: 125-128.

Suharsono, Yudi; Anwar, Zainul. Analisis stres dan penyesuaian diri pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 2020, 8.1: 1-12.

Gusniarti, Uly. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tuntutan Dan Harapan Sekolah Dengan Derajat Stres Siswa Sekolah Plus. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2002, 7.13: 53-68. DOI: https://doi.org/10.20885/psikologika.vol7.iss13.art5.

Sari, Permata, et al. Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa di Masa New Normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2020, 2.2: 62-67. DOI: https://doi.org/10.51214/bocp.v2i2.44.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2018, 4(1), 1.

Ernawati, Lilis; Rusmawati, Diana. Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Jurnal Empati, 2015, 4.4: 26-31. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2015.13547.

Hikmah, Yulia. Pengaruh layanan konseling kelompok eklektik dalam mengurangi stress pada anak berprestasi belajar tinggi siswa kelas xi SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2014/2015. 2014. PhD Thesis. UNIMED.

Fadhlaturrahmah, Alyfa. Layanan Konseling Kelompok Realita Dalam Mengurangi Stress Akademik Siswa di Masa Pandemi. In: Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. 2021.

Arumningtyas, Anggita Vella. Bimbingan Melalui Terapi Al-Qur'an Untuk Mengurangi Stress Masa Pandemi Pada Siswa Sma Di Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. 2021.

Nurfitriaani, Khanip, Et Al. Efektivitas Terapi Relaksasi Meditasi Sufistik Dalam Menurunkan Tingkat Stres Siswa Kelas Xii Menjelang Ujian Nasional (Studi Kasus di SMAN 01 Durenan Trenggalek). 2019. DOI: Http://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.151.

Kessler, Ronald C., et al. Lifetime prevalence and age-of-onset distributions of mental disorders in the World Health Organization's World Mental Health Survey Initiative. World psychiatry, 2007, 6.3: 168.

Lakhan, Ram; Agrawal, Amit; Sharma, Manoj. Prevalence Of Depression, Anxiety, And Stress During COVID-19 Pandemic. Journal Of Neurosciences In Rural Practice, 2020, 11.04: 519-525. DOI: 10.1055/s-0040-1716442.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: 2018.

Sani, M., et al. Prevalence of stress among medical students in Jizan University, Kingdom of Saudi Arabia. Gulf Med J, 2012, 1.1: 19-25.

Rahayu, Reka Adesty; Kusdiyati, Sulisworo; Borualogo, Ihsana Sabriani. Pengaruh Stress Akademik terhadap Resiliensi Pada Remaja Di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Psikologi, 0 (0).

Diananda, Amita. Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2019, 1.1: 116-133. DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.

Handono, Oki Tri; Bashori, Khoiruddin. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru. 2013. PhD Thesis. Universitas Ahmad Dahlan.

Nasir, A. & Muhtih, A. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa Pengantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika, 2011. p. 4-94.

Ambarwati,N,A. 2016. Kejenuhan Belajar dan Mengatasinya Studi Komparasi Pembelajaran Agama Islam Pada Pondok Pesantren An-Nuur, Al- Hikmah dan Al- Hidid Di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul diy. Jurnal Pendidikan Islam. ISBN: 978-602 1956 830.

Pritaningrum, Meidiana; Hendriani, Wiwin. Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama. Jurnal psikologi kepribadian dan sosial, 2013, 2.3: 134-143.

Prihatina, Restu Dwi; Latifah, Melly; Johan, Irni Rahmayani. Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, Tingkat Stres, Dan Strategi Koping Remaja Pada Berbagai Model Pembelajaran. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 2012, 5.1: 48-57. DOI: https://doi.org/10.24156/jikk.2012.5.1.48.

El-Azis, Khamidatul Mauliah; Rahayu, Prastiwi Puji. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Remaja Pada Tahun Pertama Di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. 2017. PhD Thesis. Universitas' Aisyiyah Yogyakarta.

Ghofiniyah, Elly; Setiowati, Erni Agustina. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Ketrampilan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Pondok Pesantren Daar Al Furqon Kudus. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 2018, 12.1: 1-16. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.1.1-16.

Saputri, Ayu Rizki. Hubungan Tingkat Stres, Kecemasan, Dan Depresi Dengan Tingkat Prestasi Akademik Pada Santri Aliyah Di Pondok Pesantren Darul Ihsan Tgk. H. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Aceh Besar, Aceh. 2017. Bachelor's Thesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017.

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Penerbit: Salemba Medika. Jakarta.

Pratiwi, Agitarini. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Tahun Pertama Pondok Pesantren Serta Tinjauannya Dalam Islam. 2019. PhD Thesis. Universitas YARSI.

Karneli, Yeni; Ardimen, Ardimen; Netrawati, Netrawati. Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 2019, 4.2: 42-47. DOI: https://doi.org/10.21067/jki.v4i2.3083.

Faqih, Muhammad Fauzan. Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa Malang yang bekerja. 2020. PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ahmad, Zul Fikar, et al. The E-Learning Utilization On Attitudes And Behavior Of Diarrhea Prevention During Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 2021, 12.6: 231-236.




DOI: https://doi.org/10.37905/jje.v1i1.15076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Epidemiology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.