Analisis Miskonsepsi Materi Pereaksi Pembatas Menggunakan Tes Three Tier Multiple Choice

Adelia Nur Polamolo, Astin Lukum, Kostiawan Sukamto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi pereaksi pembatas kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes Three Tier Multiple Choice. Tes instrumen yang digunakan telah diuji menggunakan uji validitas konstruk dan uji reliabel. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA MAN 1 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel 178 siswa yang diambil dari 5 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi diseluruh indikator dengan kategori miskonsepsi 1 (MK1) memiliki persentase sebesar 12,2%, miskonsepsi 2 (MK2) memiliki persentase sebesar 9,4%, dan miskonsepsi 3 (MK3) memiliki persentase sebesar 34,6%.

Keywords


Miskonsepsi, Pereaksi Pembatas, Three Tier Muliple Choice

Full Text:

PDF

References


Aini, R. G., Ibnu, S., & Budiasih, E. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Dalam Materi Stoikiometri Pada Siswa Kelas X Di Sman 1 Malang Melalui Soal Diagnostik Three-Tier. Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK), 01(2), 50.

Khairunnisa, K., & Prodjosantoso, A. (2020). Analysis of Students Misconception in Chemical Equilibrium Material Using Three Tier Test. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 5(1), 71–79.

Laliyo, L. A. R. (2011). Model Mental Siswa Dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 8(1), 1–12.

Lukum, A., Mohamad, E., Tamalu, M. S., Sukamto, K., & Paramata, Y. (2019). Effect of problem solving learning models on self-confidence and student learning outcomes on topics of reduction-oxidation. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1).

Medina, P. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa kelas X pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Reaksi Oksidasi dan Reduksi dalam Pembelajaran Kimia di SMAN 10 Kota Padang. Journal Of Residu, 1(1), 73–84.

Pikoli, M. (2020). Using Guided Inquiry Learning with Multiple Representations to Reduce Misconceptions of Chemistry Teacher Candidates on Acid-Base Concept. International Journal of Active Learning, 5(1), 1–10.

Pikoli, M., & Sihaloho, M. (2014). Implementasi Pembelajaran dengan Menginterkoneksikan Multipel Representasi pada Materi Hidrolisis Garam untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unnesa, September, 87–97.

Richter, E. (1985). Science Notes - Limiting Reactants. 22(2).

Shadreck, M., & Enunuwe, O. C. (2018). Recurrent Difficulties: Stoichiometry problem-solving. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 14(0), 25-31–31.

Valentie, I. (2019). Pemahaman Konsep Pereaksi Pembatas Hasil Pembelajaran Kimia Menggunakan LKS-Induktif Pada Siswa Kelas X. Journal of Chemical Information and Modeling.

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Kencana, Premada Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS