Identifikasi Pemahaman Konsep Mahasiswa Tingkat Multi-Representasi Pada Materi Asam Karboksilat

Weny J.A Musa, Nurindah Dewi Harini Ampile, Opir Rumape

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep tingkat representasi makroskopik, mikroskopik dan simbolik mahasiswa pada materi asam karboksilat. Instrumen yang di gunakan adalah Three-tier multiple choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa prodi Pendidikan Kimia UNG Angkatan 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 43 mahasiswa. Data penelitian di peroleh dari jawaban mahasiswa pada soal tes asam karboksilat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami miskonsepsi 1 (MK1) sebesar 14,65%, dan miskonsepsi 2 (MK2) sebesar 16,23%. Jumlah siswa yang paham konsep diperoleh sebesar 20,32% dan tidak paham konsep berjumlah
48,80%.

Keywords


Pemahaman konsep, Three-tier multiple choice, Asam karboksilat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS