Persepsi Mahasiwa Teknik Elektro Dengan Pre Eksperimental Laboratory Virtual Pada Praktikum Teknik Telekomunikasi Dasar

zainudin bonok, Syahrir Abdussamad, Devita Gude

Abstract


Tujuan Penelitian  ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Persepsi mahasiswa dan Pre Eksperimental laboratory virtual pada praktikum Teknik Telekomunikasi Dasar saat era pandemic COVID 19. Laboratory Virtual  terdiri  dari  beberapa  bagian  yaitu:  Modul,  langkah  langkah Praktikum , alat dan bahan praktikum, membuat laporan . Laboratory Virtual dikembangkan di dalam mata kuliah Teknik Telekomunikasi Dasar untuk Praktikum  dan didukung oleh petunjuk pelaksanaan.  Metode yang digunakan pre Eksperemental Design Penelitian eksperimental (eksperimental research), merupakan pendekatan penelitian kualitatif yang paling penuh, dalam arti memenuhi semua persyaratan untuk menguji hubungan  sebab-akibat.  Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk lebih mengembangkan aplikasi Laboratory Virtual  sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan praktikum secara online namun yang lebih menarik, membantu meningkatkan penguasaan konsep, dan mengatasi keterbatasan fasilitas laboratorium, Kantor virtual dapat diakses kapan saja , saat pandemic covid 19   maka praktikum virtual lab adalah bermanfaat bagi mahasiswa sesuai hasil responden  memilih setuju 57 ,1 % dan 28,6 sangat setuju  sehingga totalnya adalah   85, 7 % .

The purpose of this study was to determine the extent to which students' perceptions and pre-experimental virtual laboratories on the Basic Telecommunication Engineering practicum during the COVID-19 pandemic era. The Virtual Laboratory consists of several parts, namely: Modules, practicum steps, practicum tools and materials, making reports. The Virtual Laboratory is developed in the Basic Telecommunications Engineering course for Practicum and is supported by implementation instructions. This research method uses pre-Experimental Design Experimental research (experimental research), is the most comprehensive qualitative research approach, in the sense that it fulfills all the requirements to test cause-and-effect relationships. Experimental research has a characteristic, namely directly testing the effect of a variable on other variables and testing the hypothesis of a causal relationship and seeing student perceptions when using a virtual laboratory application by using a survey on electrical engineering students. virtual lab applications as an alternative to creating online practicums but which are more interesting, helping to improve mastery of concepts, and overcoming the limitations of laboratory facilities, virtual offices can be accessed anytime, during the covid 19 pandemic, virtual lab practicums are beneficial for students according to the results of respondents voted agree 57.1% and 28.6 strongly agree so that the total is 85.7%.

 


Keywords


Laboratory; Virtual; Tekomunikasi

Full Text:

PDF

References


Z. Bonok, B. P. Asmara, and S. Abdussamad, “An implementation of virtual office information system services in basic telecommunication technique practices,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, no. 4, p. 042052, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/4/042052.

C. R. Herrani, “Herrani.Pdf,” Jurnal Kependidikan, vol. 27, no. 2. pp. 160–174, 2015, [Online]. Available: http://repository.usd.ac.id/5526/1/1500_03%2BPenggunaan%2BVirtual%2BLab_Chatarina%2BHerrani.pdf.

K. Putrilan Adinda, Renariah, and N. Sutjiati, “Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Virtual Laboratory Development for Practicum and Facilitating Character Education in Vocational High,” JapanEdu, vol. 1, no. 3, pp. 81–90, 2016.

N. Hikmah, N. Saridewi, and S. Agung, “Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,” EduChemia (Jurnal Kim. dan Pendidikan), vol. 2, no. 2, p. 186, 2017, doi: 10.30870/educhemia.v2i2.1608.

L. F. Yeni, “Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Microbiology Sub Materi Isolasi Bakteri,” J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 6, no. 1, pp. 57–67, 2016, doi: 10.26418/jpmipa.v6i1.17591.

E. Erlina, “An Analysis of Integrated Practicum Demands of Virtual Lab Models in Hydrocarbon Materials,” Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit. Soc. Sci., vol. 1, no. 3, pp. 290–295, 2018, doi: 10.33258/birci.v1i3.52.

H. Salam, A. Setiawan, and Hamidah, “Pembelajaran berbasis virtual laboratory untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi listrik dinamis,” 4th Int. Conf. Teach. Educ., no. November, pp. 688–692, 2010.

P. Ramadhani, S. A. Farma, S. Fuadiyah, and R. Yogica, “Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa,” Pros. SEMNAS BIO 2021 Univ. Negeri Padang, vol. 1, pp. 791–798, 2021.

S. Amin, “Virtual Laboratory Tour dengan Teknologi Deskop Virtual Reality,” Unnes, 2016.

K. Muhajarah and M. Sulthon, “Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan,” Justek J. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, p. 77, 2020, doi: 10.31764/justek.v3i2.3553.

A. Swandi, S. Nurul Hidayah, and L. J. Irsan, “Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto (Halaman 20 s.d. 24),” J. Fis. Indones., vol. 18, no. 52, pp. 20–24, 2015, doi: 10.22146/jfi.24399.

E. Suryanti, A. Fitriani, S. Redjeki, and R. Riandi, “Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Biologi Molekuler,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 2, no. 2, p. 32, 2019, doi: 10.24014/jnsi.v2i2.7884.

E. Sukenti, “Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Sistem Sirkulasi,” Pedago. J. Ilm. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.33751/pedagonal.v5i1.2572.

Chyntia Clarinda, Novalina, M. Gu, and F. Faradiba, “Efektivitas Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sma Di Era New Normal,” EduMatSains J. Pendidikan, Mat. dan Sains, vol. 6, no. 2, pp. 257–266, 2022, doi: 10.33541/edumatsains.v6i2.3339.

A. H. Maksum and Y. Saragih, “Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium,” J. TIARSIE, vol. 17, no. 2, p. 47, 2020, doi: 10.32816/tiarsie.v17i2.72.

D. Purwati, A. Yani, and A. Haris, “Penerapan Media Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 2 Sengkang,” J. Pendidik. Fis. Univ. Muhammadiyah Makassar, vol. 4, no. 1, pp. 89–105, 2015.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v5i1.14416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.