Monitoring Kualitas Air Sungai (Kekeruhan, Suhu, TDS,pH) Menggunakan Mikrokontroler Atmega328

Salmawaty Tansa, Nur'aeni Latekeng, Raghel Yunginger, iskandar Z nasibu

Abstract


Pemantauan kualitas air sungai merupakan bagian dari upaya pengelolaan kualitas air yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas air sungai lewat perhitungan indeks kualitas lingkungan hidup.  Penelitian ini membuat sebuah alat monitoring kualitas air sungai dengan mengukur parameter kekeruhan, suhu, total zat padat terlarut dan pH menggunakan mikrokontroler atmega328. Perancangan alat monitoring kualitas air menggunakan metode eksperimen, terdiri dari tahap perancangan perangkat keras (hardware) dan perancangan perangkat lunak (software) dilengkapi dengan 4 sensor.  Desain menggunakain sensor kekeruhan  Module SEN0189,  sensor suhu DS18B20, sensor TDS SEN0244, dan sensor pH-4502C. Tahapan perancangan melalui proses inisialisasi  dan sketch yaitu proses inisialisasi pin dan penulisan kode program, selanjutnya diverifikasi dan diupload ke board arduino IDE. Push button switch akan memilih jenis sensor yang akan diukur. Sensor kekeruhan, sensor suhu, sensor TDS dihubungkan port USB tipe A standard ukuran 2.0,  dan sensor pH dihubungkan dengan port BNC pada arduino. Probe sensor dicelupkan pada sampel air 1000 ml, hasil pengukuran akan ditampilkan lewat monitor LCD. Hasil pengukuran dari alat ini untuk 30 jenis sampel air sungai yang berada di daerah limboto, bolango dan bone dibandingkan dengan alat standar. Hasil pengukuran suhu DS18B20 setelah dibandingakan dengan termometer alkohol menunjukkan nilai rata-rata error 1,92% dan nilai akurasi 98,08%. Hasil pengukuran TDS menggunakan sensor SEN0244 dibandingkan dengan TDS-3 dari alat standar, nilai rata-rata error TDS 14.06% dan nilai akurasi 85.94%.  Hasil pengukuran pH menggunakan sensor 4502C dibandingkan dengan alat standar ATC PH-009(I)A, nilai rata-rata error pH adalah 6.85% dan nilai akurasi 93.15%. Hasil pengukuran kekeruhan menggunakan sensor Module SEN0189 dibandingkan dengan alat turbidity meter TB200 dari Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Gorontalo nilai rata-rata error kekeruhan 18.91% dan nilai akurasi 81.09%.


Keywords


Kekeruhan, Suhu, TDS, pH

Full Text:

PDF

References


B. Saran

Pembuatan alat ini menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Atmega328, juga sensor yang digunakan dalam penelitian ini perlu dikalibrasi sesuai standar alat baku. Penelitian ini yang diambil adalah data kekeruham, suhu, TDS dan pH, maka diharapkan kepada pengembang alat maupun sistem agar dapat mendeteksi data kualitas air yang lain seperti warna, rasa, Electrical Conductivity (EC), dan Total Suspended Solid (TSS). Alat ukur ini dapat dikembangkan dengan menambahkan aplikasi monitoring pendeteksi kualitas air berbasis Smartphone Android Web Mobile.

REFERENSI

A. R. Saputra, “Strategi Pengendalian Kualitas Air Sungai Kuin Banjarmasin Berdasarkan Daya Tampung Beban Pencemar,” Institut Teknologi Nasional Malang., 2016.

H. Effendi, Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya Dan Lingkungan Perairan, Edisi Ke-9. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

E. Maruru, S. M. M., Saraswati, D., & Prasetya, “Studi Kualitas Air Sungai Bone Dengan Metode Biomonitoring,” Universitas Negeri Gorontalo, 2012.

& D. Chuzaini, F., “IoT Monitoring Kualitas Air Dengan Menggunakan Sensor Suhu, pH Dan Total Dissolved Solid (TDS),” J. Inov. Fis. Indones., pp. 46–56., 2022.

W. B. Suyasa, Pencemaran Air Dan Pengolahan Air Limbah, Jiwa Atmaj. Udayana University Press., 2015.

S. Ihsanto, E., & Hidayat, “Rancang Bangun Sistem Pengukuran pH Meter Dengan Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno,” J. Teknol. Elektro, vol. 5(3), pp. 130–137, 2014.

E. D. Kautsar, M., Isnanto, R. R., & Widianto, “Sistem Monitoring Digital Penggunaan dan Kualitas Kekeruhan Air PDAM Berbasis Mikrokontroler ATMega328 Menggunakan Sensor Aliran Air dan Sensor Fotodiode,” J. Teknol. Dan Sist. Komput., vol. 3(1), pp. 79–86, 2015.

A. Nurazizah, E., Ramdhani, M., & Rizal, “Rancang Bangun Termometer Digital Berbasis Sensor DS18B20 untuk Penyandang Tunanetra,” E-Proceeding of Engineering, pp. 3294–3301, 2017.

& S. Rachmansyah, F., Utomo, S. B., “Perancangan Dan Penerapan Alat Ukur Kekeruhan Air Menggunakan Metode Nefelometrik Pada Instalasi Pengolahan Air Dengan Multi Media Card (MMC) Sebagai Media Penyimpanan (Studi Kasus Di PDAM Jember),” Berk. Saintek, vol. 2(1), pp. 17–21.

N. Ikhsan, R. N., & Syafitri, “Pemanfaatan Sensor Suhu DS18B20 Sebagai Penstabil Suhu Air Budidaya Ikan Hias,” Prosding Seminar Nasional Energi, Telekomunikasi Dan Otomatis (SNETO), pp. 18–26., 2021.

M. F. Zarkashie, “Rancang Bangun Sistem Pengukuran Kualitas Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi Berbasis Arduino Uno,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah., 2021.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v6i1.23315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.