Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir Berbasis Mikrokontroler Arduino

Fadlul Rahman Usman, Wrastawa Ridwan, Iskandar Zulkarnain Nasibu

Abstract


Banjir hingga saat ini menjadi masalah serius di berbagai daerah indonesia, dibeberapa daerah mempunyai tekstur tanah yang buruk yang tidak mempunyai daya serapan air yang baik, atau jumlah curah hujan yang melebihi kemampuan tanah untuk menyerap air, ketika hujan turun yang kadang terjadi adalah banjir yang datang secara tiba-tiba diakibatkan terisinya saluran air kering dengan air. Agar dapat memberikan peringatan akan adanya bencana banjir diperlukan suatu sistem peringatan dini, menggunakan SMS gateway dan web server. Pada penelitian ini, sistem menggunakan web browser dan SMS gateway sebagai media pengirim informasi ketinggian air kepada petugas monitoring. Sistem ini menggunakan mikrokontroler Arduino Uno Atmega328 untuk pembacaan sensor air, menampilkan data di LCD, menghidupkan led dan mengirim data ketinggian air melalui web browser dan SMS. Berdasarkan hasil perancangan sistem yang telah dilakukan pada sistem peringatan dini bencana banjir berbasis mikrokontroler Arduino yang diimplementasikan dalam bentuk prototype telah bekerja dengan baik sesuai dengan perancangan yang direncanakan

Full Text:

pdf

References


Afrina, Mira.Dkk. 2015, Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatkan Layanan Komunikasi Sekitar Akademika Universitas Sriwijaya.

Aryanto, Dkk. 2015, Perancangan Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir Berbasis Mikrokontroler Atmega328 Dan Sms Gateway Pada Kecamatan Rumbai Pesisir Pekan Baru.

Dinata marta yuwono, 2016 Arduino itu Pintar. Penerbit PT. elex media komputindo, jakarta

Gunarta, Lilik. 2011. Mengenal Sensor Dan Actuator. Universitas Airlangga(Diakses Pada Tanggal 10 Oktober 2017)

Ikhsan, 2014. Penentuan titik pemasangan Akses Point pada gedung dengan memanfaatkan aplikasi wireless wizard dalam mendukung aktivitas dan kinerja jaringan internet (studi kasus Stimik-amik jayanusa padang.

Kadir, abdul, 2012 panduan praktis mempelajari aplikasi mikrokontroler dan pemogramannya menggunakan Arduino. Penerbit andi.

Kadir abdul, 2017 pemograman Arduino dan processing. Penerbit PT. Elex media komputindo.

Mulyana, I Eka, Dkk. 2014. Perancangan Alat Peringatan Dini Bahaya Banjir Dengan Mikrokontroler Arduino Uno R3. Stimik Tasikmalaya.

Mulyani Isnawati, dkk. 2013 Pengembangan Short Message Service (SMS) gateway layanan informasi akademik di smk yppt garut

Rosydie, Arif. 2013. Fakta Dan Dampaknya, Serta Pengaruh Dari Perubahan Guna Lahan.

Ryandi, Haris, Inmas. 2017. Rancang Bangun Sistem Meluapnya Air Sungai Melalui Sms Dan Running Text. Institut Teknologi Sepuluh November.

Prasetio, R., 2016, pengertian dan kelebihan jaringan PTP, PTM, dan MTM

http://zonaakomputer.blogspot.co.id/2016/03/

Schifo, Frans. Dkk. Monitoring Level Air Dan Peringatan Dini Bahaya Banjir Berbasis Sms. Universitas Diponegoro.

Simanjuntak, Maratur, Gabe. Dkk, 2013. Perancangan Prototipe Smart Building Berbasis Arduino Uno . Universitas Sumatra Utara.

Ubnt.datasheet.www.ubnt.com/airmax#airMaxAntennashttps://dl.ubnt.com /datasheets/

Utami, Ema. Dkk. 2008. Sistem Peringatan Dini Pada Bencana Banjir Berbasis Sms Gateway Di Gnu/Linux Merupakan Alternatif Sederhana Dan Menarik Dalam Meningkatkan Pelayanan Badan Meteorologi Dan Geofisika Dengan Alokasi Dana Yang Rendah.

Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Penanggulangan Bencana

https://Arduino.cc/en/Guide/Introduction

http://penanggulangankrisis.kemkes.go.id/apa-itu-sistem-peringatan-dini-early-warning-system.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v1i1.2721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.