Analisis Optimasi Penempatan Kapasitor Bank pada Jaringan Tegangan Menengah 20kV Feeder IS.03 Rayon Limboto untuk Memperbaiki Kualitas Tegangan

Cristoper Elchrisa, Lanto Kamil Amali, Ade Irawaty Tolago

Abstract


Kapasitor bank memberikan manfaat dalam proses kinerja sistem distribusi dimana kapasitor bank dapat mengurangi losses, memperbesar kapasitas layanan dan mengurangi jatuh tegangan. Penempatan kapasitor bank diperlukan untuk menanggulangi permasalahan jatuh tegangan yang terjadi baik pada saluran transmisi bertegangan tinggi maupun saluran distribusi tegangan menengah. Penelitian mengenai Analisa Optimasi Penempatan Kapasitor Bank Pada Jaringan Tegangan Menengah 20 kV Feeder IS.03 Rayon Limboto Untuk Memperbaiki Kualitas Tegangan ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan lokasi optimal dan rating kapasitor bank pada penyulang IS.03. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simulasi dimana metode simulasi merupakan bentuk penelitian yang bertujuan untuk mencari gambaran melalui sebuah sistem berskala kecil atau sederhana (model) dimana didalam model tersebut akan dilakukan manipulasi atau kontrol untuk melihat pengaruhnya. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang telah dilakukan pada penyulang IS.03 didapatkan kondisi paling optimum dengan jumlah kapasitor bank sebesar 6 x 150 kVAr dimana rata-rata selisih kenaikan tegangan ujung penyulang setelah pemasangan kapasitor bank sebesar 0.903 kV pada 3 (tiga) penyulang percabangan yaitu LI.03, LY.01, dan LY.02 yang mengalami jatuh tegangan melewati batas standar yang telah ditentukan.

Full Text:

PDF

References


Tampubolon, David. dkk, 2009. Optimalisasi Penggunaan Kapasitor Bank pada Jaringan 20 kV dengan Simulasi ETAP (Studi Kasus pada Feeder Srikandi di PLN Rayon Pangkala Balai, Wilayah Sumatera Selatan).Jurnal. Universitas Sumatera Selatan. Sumatera Selatan.

PT. PLN. Master Plan Sistem Distribusi Tenaga Listrik Tahun 2016 – 2020. Erviana, Mira. dkk, 2012. Optimasi Penempatan dan Kapasitas Kapasitor Bank pada Sistem Distribusi untuk Mereduksi Rugi Daya Menggunakan Particle Swarm Optimization. Jurnal. Universitas Diponegoro. Semarang.

Habsoro, S.W. dkk. 2012. Analisa Penempatan Kapasitor Bank untuk Perhitungan Drop Voltage pada Feeder Batang 02 Tahun 2012-2016 dengan Software ETAP 7.0.0. Jurnal. Universitas Diponegoro. Semarang.

Abidin, Putra. 2014. Penempatan Optimal Kapasitor Bank pada Jaringan Disrtibusi 20 kV Rayon Bangkiang untuk Mengurangi Penurunan Tegangan Menggunakan ETAP 7.5.0. Tugas Akhir. Universitas Islam Negeri Sultas Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Tanjung, Abrar. 2012. Analisa Sistem Distribusi 20 kV untuk Memperbaiki Kinerja dan Keandalan Sistem Distribusi Menggunakan Electrical Transient Analisys Program. Jurnal. Universitas Lancang Kuning.

Anderso, P.M., Fouad, A.A., 1982. Power System Control and Stability. The Iowa State University Press.

SPLN 1:1978 Tegangan - Tegangan Standar Variasi Tegangan Pelayanan Sanatang. Perbaikan Stabilitas Frekuensi dan Tegangan pada Beban Dinamik

Sistem SULSELBAR Menggunakan Metode Linear Quadratic Regulator (LQR). Jurnal. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Suswanto, Danang. Klasifikasi Jaringan Distribusi. Buku Ajar BAB II.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v1i1.2725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.