OPTIMALISASI PEMANFAATAN KOTORAN TERNAK SEBAGAI PUPUK KOMPOS DI DESA PANGGULO KECAMATAN BOTUPINGGE KABUPATEN BONE BOLANGO

Sri Suryaningsih Djunu, Sri Suryaningsih Djunu

Abstract


ABSTRAK

Desa Panggulo kecamatan Botupingge, kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu desa yang terdapat peternakan puyuh. Salah satu produk buangan yang dihasilkan adalah limbah padat berupa kotoran (feses) ternak yang selama ini tidak termanfaatkan dan mencemari lingkungan disekitarnya. Tujuan pelatihan ini adalah Menumbuhkan dan memotivasi warga kelompok tani peternak dalam memanfaatkan limbah kotoran ternak sebagai pupuk kompos dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani peternak dalam pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak puyuh. Adanya pelatihan pada masyarakat melalui teknologi tepat guna pengolahan limbah kotoran ternak menjadi produk pupuk kompos, selain mengurangi pencemaran lingkungan, pupuk kompos dapat digunakan sebagai pupuk tanaman, ataupun dapat di jual sehingga bisa menaikan pendapatan petani peternak maupun masyarakat sekitarnya.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullahi, A.B., Rusli A.,Mursida dan Fitriani N., 2019. Pemanfaatan Kotoran Burung Puyuh Sebagai Pakan Ikan Lele. Jurnal Dinamika Pengabdian. Vol 4. No.2. Hal 1-14.

Agromedia., 2002. Puyuh Si Mungil Penuh Potensi. Redaksi Agromedia. Cetakan 1. Jakarta.

Artarizqi, A.T. 2013. MA-11, Kolaborasi Mikroba Super. Dilihat 12 Maret 2021.http://homeschoolingkaksetosemarang.com/article/99275/ma-11-kolaboras-mikroba-superhtml

Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Buleleng., 2018. Pembuatan Kompos Dengan Aktivator EM4. Artikel. distan@bulengkab.go.id.

Listiyowati, E. Dan Kinanti R., 2009. Beternak Puyuh Secara Komersial. Panebar Swadaya, Jakarta.

Murbandono, H. L., 2008. Membuat Kompos. Penebar Swadaya. Jakarta.

Subekti, E dan Hastuti D., 2013. Budidaya Puyuh (Coturnix-Coturnix Japonica) di Pekarangan Sebagai Sumber Protein Hewani dan Penambah Income Keluarga. Mediagro. Vol. 9., No.1. hal 1-10.

Widyastuti, W., S.M. Mardiati., T.R. Saraswati. 2014. Pertumbuhan Puyuh (Coturnix-coturnix japonica Seteleh Pemberian Tepung Kunyit (Curcuma lorga,L) Pada Pakan. Buletin Anatomi dan Fisiologi. Vol XXII. No 2.

Wuryadi., 2014. Beternak & Berbisnis Puyuh: 3,5 Bulan Balik Modal. PT. AgroMedia Pustaka, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.