BETERNAK BURUNG PUYUH BAGI PETERNAK PEMULA

Safriyanto Dako, Safriyanto Dako, Fahria Datau, Suparmin Fathan, syukri I Gubali

Abstract


Tujuan Pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kelompok peternak peternak dalam penanganan usaha ternak burung puyuh bagi peternak pemula. DOQ burung puyuh sejumlah 200 ekor, yang di tempatkan  Kandang burung puyuh. Burung puyuh (DOQ) sebanyak 200 ekor, Alat yang digunakan kandang, Brooding, pakan dan vitamin untuk ternak. Pengabdian dilaksanakan bersama peternak melalui pembuatan kandang dan Brooding; Pembuatan subtitusi pakan dengan daun pandan, di kelompok peternak; Penerapan program vaksinasi burung puyuh serta memberika motivasi dalam beternak burung puyuh menggunakan model PRA. Pengelolaan brooding, terutama suhu brooding dikontrol secara konvensional. Burung puyuh berumur 1-7 hari merupakan masa kritis dalam brooding, dimana suhu harus stabil sehingga puyuh tidak mengalami cekama panas atu dingin. Kandang yang dibuat untuk ternak puyuh dalam kegiatan pengadian merupakan kandang contoh, kandang adalah kandang baterai, ukuran utama ukuran kandang 60 cm x 400 cm, bentuknya bersusun, sengayak 20 flok, berukuran 40 cm  x 30 cm dengan kapasitas tampung kseluran flok sebanyak 200 ekor. Vaksinasi pertama pada burung puyuh setelah berumur 4 hari berada didalam brooding. Vaksinasi kedua dilakukan setelah burung puyuh berumur 10 hari di kandang, dan Vaksinasi ketiga setelah burung puyuh berumur 23 hari. Program pemberdayaan peternak pemula burung puyuh memberikan pemahaman dan peningkatan kompoyensi dalam pengelolaan usaha ternaknya secara berkesinambungan

Full Text:

PDF

References


Arianti, N, Dkk. 2021. Pengembangan Usaha Budidaya Burung Puyuh di Area Pemukiman dengan Meningkatkan Kualitas Telur dan Daging pada Peternakan Arsyan Farm di Desa Cibogo, Kec. Cisauk, Kab. Tangerang Selatan. Jurnal Absi Masyarakat Humais, 3 (1).

Dako, S. (2013). Kelenturan Fenotipik Sifat-Sifat Produksi Dan Reproduksi Burung Puyuh Yang Di Beri Kadar Garam Berbeda Dalam Air Minum (Doctoral dissertation, Tesis. Universitas Sam Ratulangi. Manado).

Dako, S., Laya, N. K., Ischak, N. I., Fathan, S., & Datau, F. (2021). Pengelolaan Konservasi Kelelawar Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Insani, 8(2), 216-222.

Dako, S., Laya, N. K., Ischak, N. I., & Yusuf, F. M. (2021). Mist Net Dan Teknik Penangkapan Kelelawar. Dharmakarya, 10(1), 62-66.

Destia, M., Sudarajat, D., & Dihansih, E. (2017). Pengaruh rasio panjang dan lebar kandang terhadap produktivitas burung puyuh (Coturnix coturnix japonica) periode produksi. Jurnal Peternakan Nusantara, 3(2), 57-64.

Gubali, S., Zainudin, S., & Dako, S. (2022). PRODUKSI TELUR BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnix japanica) YANG DI BERI TEPUNG JEROAN IKANCAKALANG. Gorontalo Journal of Equatorial Animals, 1(1).

Herlinna dan Yemima. 2016. Efektifitas Berbagai Probiotik Kemasan Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Burung Puyuh (Cotunix cotunis japonica). Jurnal Hewani Tropika. Univeersitas Palangka Raya, 5 (2).

Katasudjana dan Suprijatna. 2010. Manajemen Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Laya, N. K., Dako, S., Datau, F., Fathan, S., Sampow, S., & Baderan, I. (2021). Penerapan Pengawasan Konservasi Satwa Kelelawar Secara Mandiri. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3), 607-618.

Lokapirnasari, W.P. 2017. Nutrisi dan Manajemen Pakan Burung Puyuh. Surabaya: Airlangga University Press.

Medion.2014. Manajemen Brooding pada. http://info.medion.co.id (diakses 20 September 2015).

Moyiu, F., Datau, F., Dako, S., & Fathan, S. (2020). Sifat Kuantitatif Burung Weris Jantan dan Betina (Gallirallus philippensis). Jambura Journal of Animal Science, 2(2), 54-61.

Rasyaf, M. 2011. Panduan Beternak Ayam Pedaging. Penebar Swadaya. Jakarta.

Subekti, E., dan Hastuti, D. 2013. Budidaya Puyuh (Coturnix Coturnix Japonica) di Pekarangan Sebagai Sumber Protein Hewani dan Penambahan Income Keluarga. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian. 9 (1).

Sujdani, E. T. (2016). Penampilan Produksi Telur Puyuh Pada Kapasitas Kandang Yang Berbeda. AVES: Jurnal Ilmu Peternakan, 10(1), 2-2.

Syahrul, Wibowo, Y.R., dan Rendi, S. 2021. Pengembangan Usaha Budidaya Burung Puyuh di Area Pemukiman dengan Menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan yang Tepat dan Sederhana pada Peternakan Arsyan Farm di Desa Cibogo, Kec. Cisauk, Kab. Tangerang. Jurnal Absi Masyarakat Humais, 3 (1).

Syariefa. 2011. Ternak Puyuh. Trubus Swadaya. Jakarta.

Gubali, S. I. (2021). Pertumbuhan Burung Puyuh (Coturnix Coturnix Japonica) Umur 3 Minggu Dengan Perbedaan Kepadatan Di Dalam Kandang. Jambura Journal of Animal Science, 4(1), 79-87.

Widyastuti, W., Mardiati, S.M., dan Saraswati, T.R. 2014. Pertumbuhan Puyuh (Coturnix coturnix japonica) Setelah Pemberian Tepung Kunyit (Curcuma longa L.) pada Pakan. Jurnal Buletin Anatomi dan Fisiologi, 22 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.