UPAYA PENINGKATAN POPULASI TERNAK AYAM KAMPUNG MELALUI TEKNIK PENETASAN DI KELURAHAN WUMIALO

SRI SUKMAWATI ZAINUDIN

Abstract


Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) adalah merubah perilaku baik pengetahuan, sikap maupun ketrampilan. Kegiatan pengabdian kolaboratif dosen dan mahasiswa berlokasi di Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo sebagai bentuk upaya melatih masyarakat menghasilkan bibit ternak ayam kampung dengan teknik penetasan secara mandiri. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat adalah aspek pengetahuan dan ketrampilan teknik penetasan telur ayam kampung. Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada sekelompok masyarakat Kelurahan Wumialo tentang penetasan telur ayam kampung. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah metode penyuluhan/pelatihan/bimbingan teknis tentang bagaimana teknik penetasan telur ayam kampung secara mandiri. Hasil kegiatan pengabdian adalah masyarakat yang mengikuti penyuluhan/ pelatihan dapat mengerti dan memahami serta dapat mempraktekkan teknik penetasan telur ayam kampung secara mandiri. Diharapkan bahwa kelompok masyarakat sebagai peserta pelatihan dapat menjadi 1) mandiri dalam melakukan kegiatan penetasan tel;ur ayam kampungh, 2) contoh atau motivasi bagi masyakat lainnya


Full Text:

PDF

References


Abun., D. Rusmana, D. Saefulhadjar. 2007. Efek pengolahan limbah sayuran secara mekanis terhadap nilai kecernaan pada ayam kampung super JJ-101. Jurnal. Ilmu Ternak, Vol. 7 (2): 81—86.

Agromedia, 2007. Beternak Ayam Kampung. PT. Agromedia Pustaka, Jakarta Selatan.

Febrianto, R. R. Sutrisna, K. Nova, da n S. Tantalo. 2020) Pemberian ransum dengan dosis herbal yang berbeda terhadap susut tetas, mortalitas embrio, dan daya hidup DOC ayam persilangan. Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan Vol 4 (1) : 7-13 Apriol 2020. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.