Pengenalan Ternak Unggas Dan Ruminansia Melalui Media Internet Untuk Anak Usia Dini Di Desa Wisata Talumelito Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo

Siswatiana Rahim Taha, siswatiana rahim taha

Abstract


Tujuan kegiatan Pengabdian ini adalah memperkenalkan jenis ternak baik ternak unggas maupun ruminansia kepada anak usia dini. Harapannya dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan anak-anak terhadap ternak ataupun hewan yang merupakan salah satu mahluk hidup ciptaan tuhan. Metode pelaksanaan yaitu dengan cara pembelajaran melalui media internet, hal ini dilakukan karena lebih menarik perhatian anak – anak. Media pembelajaran interaktif adalah sebuah metode pembelajaran berbasis teknologi infomasi dan komunikasi. Media pembelajaran interaktif merupakan media penyampaian pesan antara tenaga pendidik kepada peserta didik yang memungkinkan komunikasi antara manusia dan teknologi melalui system dan infrastruktur berupa program aplikasi serta pemanfaatan media elektronik sebagai bagian dari media edukasi. Disebut interaksi karena media ini dirancang dengan melibatkan respon pemakai secara aktif. Pada sistem pembelajaran saat ini masih menggunakan media cetak dan papan tulis yang disebut sebagai media pembelajaran manual. Salah satu TK yang masih menerapkan metode pembelajaran ini adalah TK Cempaka Desa Talumelito merupakan salah satu lembaga pendidikan formal di tingkat PAUD. Hasil pengamatan langsung pada TK Cempaka Desa Talumelito terlihat bahwa proses belajar yang dilakukan guru masih sama pada umumnya yaitu dengan metode ceramah.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. 12, 128 150.

Afissunani, A. (2014). Multi Marker Augmented Reality Untuk Aplikasi Magic Book. 1-7.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. 8, 50-58.

Azuma, R. T., 1997, A Survey Of Augmented Reality, Presence : Teleoperators and Virtual Environments 6 (4): 355-385 https://karyapemuda.com/hewan-unggas/

Joefrie, Y. Y. (2011). Teknologi Augmented Reality. 3, 195-203.

Pratama, G. Y. (2018). Analisis Penggunaan Media Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Konsep Bentuk Molekul.

Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. 2, 127 144

Suhartini, Y. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Hewan Di TK Pelita Kota Bandung. Jurnal Obsesi, 2, 45-53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.