Pemberdayaan Perempuan Dalam Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan Gorigoria Guna Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pesisir Danau Limboto

Yuriko Boekoesoe, Siswatiana Rahim Taha, Yanti Saleh

Abstract


Pesisir Danau Limboto merupakan salah satu daerah penghasil ikan, karena rata-rata pekerjaan kepala rumah tangga di daerah ini  adalah sebagai nelayan, sementara para ibu rumah tangga hanya tinggal di rumah sambil menunggu suami mereka pulang dari melaut. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada ibu-ibu rumah tangga tentang pengolahan ikan menjadi bakso ikan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga. Adapun yang menjadi sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ibu-ibu rumah tangga yang berjumlah 20 orang yaitu memiliki keahlian dalam mengolah bahan pangan khususnya ikan sehingga tercipta kemandirian.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan  tahapan sebagai berikut: memberikan penyuluhan bagi ibu-ibu rumah tangga terkait dengan pentingnya pengolahan ikan, melakukan pelatihan pengolahan bakso  dan kripik dari ikan gori-goria. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ibu-ibu rumah tangga memiliki pemahaman mengenai manfaat ikan bagi kesehatan tubuh, memahami cara mengolah ikan menjadi bakso ikan, dan mampu membuat bakso ikan secara mandiri, serta mampu memasarkan hasil olahan bakso ikan.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Pelatihan, Bakso Ikan, gori-goria


Full Text:

PDF

References


M. Salsabila and H. Suprapto. 2019. Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Instalasi Budidaya Air Tawar Pandaan, Jawa Timur. Aquac. Fish Heal., vol. 7, no. 3, p. 118.

B. P. Statistik and K. Ngada. 2017. Kecamatan Polanharjo Dalam Angka.

R. Brian. 2019. Usaha Budidaya Ikan Nila yang Menguntungkan dan Cepat Panen.

S. Ciptanto. 2017. Top 10 Ikan Air tawar. Yogyakarta: Andy Publisher

Noya, Allert Benedicto Ieuan. 2019. Beragam Nutrisi dan Manfaat Ikan Air Tawar untuk Kesehatan.

Nutrisindo. 2017. DKBM (Daftar Komposisi Bahan Makanan) Indonesia dan Internasional. Nutrisindo.

P. Sungailiat. 2018. GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) : Upaya Peningkatan Gizi Sejak Dini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.