Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
NCTM, “Principle and Standards for School Mathematics.” [Online]. Available: http://www.nctm.org. [Accessed: 20-Sep-2018].
DEPDIKNAS, “Standar Kompetensi Matematika SMP.” [Online]. Available: http://www.puskur.net. [Accessed: 19-Sep-2018].
A. Banasuru, Filsafat dan Filsafat Ilmu. Bandung: Alfabeta, 2013.
B. I. Sappaile, “Hubungan Kemampuan Penalaran dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 13, no. 69, pp. 985–1003, 2007.
R. Resmawan, “Hubungan antara Pesepsi Mahasiswa terhadap Keterampilan Dosen dalam Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika,” J. Euler, vol. 2, no. 2, pp. 129–134, 2014.
M. D. Kurniasih, “Pengaruh Pembelajaran React terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Habit of Mind Mahasiswa,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 29–38, 2017.
W. Hidayat, “Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 15–28, 2017.
A. Amir, “Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika,” Logaritma J. Ilmu-Ilmu Pendidik. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 18–33, 2014.
S. Bahri, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematika Siswa dengan Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning) di SMA Swasta Al-Azhar Medan,” Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, 2011.
M. Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
K. Hutagaol, “Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Infin. J., vol. 2, no. 1, pp. 85–99, 2013.
M. F. Amir, “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar,” in Seminar Nasional Pendidikan, 2015, pp. 34–42.
Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
N. Abbas, “Bahan Ajar Statistik Penelitian,” Gorontalo, 2012.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591
Copyright (c) 2020 N.A. Yunus, I. Djakaria, E. Hulukati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jambura Journal of Mathematics has been indexed by
Jambura Journal of Mathematics (e-ISSN: 2656-1344) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS.
Editorial Office
Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Indonesia
Email: info.jjom@ung.ac.id.