ANALISIS KESESUAIAN LAHAN LAHAN UNTUK TANAMAN UBI KAYU (Manihot utilisima L.) DI DESA BUMELA KECAMATAN BILATO

Hayatiningsih Gubali, Annisa Mamonto, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian lahan tanaman Ubi Kayu (Manihot utilisima L) di Desa Bumela, Kecamatan Bilato, dengan fokus pada karakteristik dan kualitas lahan, kelas kesesuaian lahan, serta faktor pembatas dalam pengembangan tanaman Ubi Kayu (Manihot utilisima L). Penelitian dilaksanakan dari bulan Juli hingga Desember 2019, berlokasi di Desa Bumela, Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo. Metode matching digunakan untuk memadukan kriteria kesesuaian lahan dengan data kualitas lahan, dengan mempertimbangkan persyaratan tumbuh tanaman untuk mengidentifikasi kelas kesesuaian lahan yang sesuai. Pengolahan data melibatkan analisis karakteristik dan kualitas lahan, evaluasi kesesuaian lahan, identifikasi keunggulan wilayah, dan analisis ekonomi tanaman ubi kayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Bumela, Kecamatan Bilato, kelas kesesuaian lahan yang potensial untuk tanaman ubi kayu (Manihot utilisima L) adalah kelas cukup sesuai (S2) dengan luas 80.568 ha atau 61,46%, sesuai marginal (S3) dengan luas 70,63 ha atau 0,53%, dan tidak sesuai (N) dengan luas 30.056 ha atau 22,92%. Kesesuaian lahan ini dipengaruhi oleh faktor pembatas seperti retensi hara, bahaya erosi, lereng, dan media perakaran. Dari hasil analisis keunggulan wilayah Kecamatan Bilato, terdapat dua komoditas unggulan, yaitu jagung dan ubi kayu. Selain itu, analisis ekonomi tanaman ubi kayu menunjukkan nilai R/C ratio yang menguntungkan, yaitu sebesar Rp. 1,23.

 

Kata Kunci: Kesesuaian Lahan, Ubi Kayu

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2019. “Kabupaten Gorontalo Dalam Angka 2019”. Limboto (ID): BPS Kabupaten Gorontalo.

Departemen Pertanian (2002). Kriteria Kesesuaian Lahan un-tuk Komoditas Pertanian. http://bbsdlp.litbang.deptan.go.id/pendahuluan.php.

Djaenudin, D., Marwan., Subagjo., dan A. Hidayat. 2003. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan untuk Komoditas Pertanian. Balai Penelitian Tanah, Puslitbangtanak, Bogor.

Mulyani, A. Sukarman, Hidayat, A. 2009. Prospek Perluasan Areal Tanam Kedelai di Indonesia. Jurnal Sumberdaya Lahan Vol. 3 No.1.

Nugraha, H. D, Suryanto A, Nugroho A. 2015. Study Of Potensial Productivity Of Cassava (Manihot esculenta Crant.) In Pati. Jurnal Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. Hal 676

Holilah, Siti (2020) Produksi Dan Pemasaran Croissant Dengan Subtitusi Tepung Singkong (Manihot Escluenta). Thesis, Politeknik Negeri Jember.

Sukarman, Las I., Noor, M., Tafakresnanto, C. 2021. Pengelolaan Lahan Berkarakter Khusus. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. IAARD PRESS. Jakarta.

Suprapti ML. 2005. Tepung Tapioka: Pembuatan dan Pemanfaatannya. Kanisius: Yogyakarta

Sriwahyuni Hi. S, Ir. Sonny T. MSi, Rieneke L. E Sela, ST . MT. 2015. Identifikasi Kemiringan Lereng di Kawasan Permukiman Kota Manado Berbasis SIG. jurnal Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Sam Ratulanggi Manado. Staf Pengajar Jurusan Arsitektur Universitas Sam Ratulanggi Manado




DOI: https://doi.org/10.56722/jlpt.v2i2.23767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .