Tingkat Stres Siswa Pada Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School

Yuniar Mansye Soeli, Muhammad Nur Syukriani Yusuf, Danny Des Kartyko Lakoro

Abstract


Full day School merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan hampir seharian penuh di sekolah yang dapat beresiko membuat anak merasa bosan dan jenuh sehingga pada akhirnya membuat anak tersebut menjadi stres. Stres Merupakan keadaan dimana tekanan yang dialami oleh individu tidak sebanding dengan kemampuan individu dalam menghadapi tekanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui gambaran tingkat stress siswa pada sekolah yang menerapkan sistem Full Day School di SMP Negeri 6 Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif dengan metode survey. Sampel penelitian ini sebanyak 100 siswa dari 645 populasi siswa SMP Negeri 6 Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified proportional random sampling. Dalam mengumpulkan data dugunakan instrumen berupa kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian ini menunjukan tingkat stres siswa pada sekolah dengan sistem full day school bahwa dari 100 sampel siswa 60 (60%) siswa mengalami stres ringan, 39 (39%) siswa mengalami Stres sedang dan 1 (1%) mengalami stres berat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tingkat stres siswa didominasi oleh kategori tingkat stres ringan.

Keywords


Full day school, tingkat stres

Full Text:

PDF

References


Abdulghani, H. M., A. A. Alkanhal,

E. S. Mahmoud, G. G. Ponnamperuma, dan E. A. Alfaris. 2011. Stres and its effects on medical students: a cross-sectional study at a college of medicine in Saudi Arabia. Journal Health, Population and Nutrition. 29(5): 516.

American Psychological Association.

Stres In America.

Apriyani, N. Fatimah, dan H. Wicaksono. 2018. Dari Full Day School Ke Kebijakan Enam Hari Apriyani., N. Fatimah, dan H. Wicaksono. 2018. Dari Full Day School Ke Kebijakan Enam Hari Sekolah: Rasionalisasi Praktik Dan Evaluasi Pembelajaran Pasca Full Day School Di Sma Negeri 1 Kedungreja Kabupaten Cilacap.Jurnal Sociates 8(2):532-542.

Argalina, B. M. 2019. Gambaran Tingkat Stres Pada Siswa Dalam Penerapan Full Day School Di Sma Negeri Kota Surakarta. Skripsi. Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah. Surakarta.

Arifin, I., A. Imron, Y. Sobri, S. Sagala, dan H. Johansyah. 2017. Penerapan Full Day School Dalam Multi Perspektif (Manajemen, Karakter, Religi, Kultural dan social). Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Semarang.

Arioka, N. W. W. 2018. Pro Kontra Wacana Full Day School. Jurnal Studi Kultural 3(1):1-5.

Aryahi, F. 2016. Stres Belajar. Edukasi Mitra Grafika. Makassar.

Asmani, J. M . 2017. Full Day School Konsep Manajemen dan Quality Control. Ar-ruzz Media.Yogyakarta.

Baharuddin. 2016. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Ar- Ruzz Media. Jogjakarta.

Baharun, H. dan S. Alwiyah. 2018. Pendidikan Full Day School Dalam Perspektif Epistemologi Muhamad Abid Al-Jabri. Jurnal Kependidikan Islam 4(1):1-22.

Barseli, M., I. Ifdil, dan N. Nikmarijal. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan 5(3):143-148.

Charbonneu A. M. Stres and Emotional Reactivity as Explanations for Gender Differences in Adolescents’ Depressive Symptoms. Journal Youth Adolescence 7(2):1050-1058.

Gaol, N.T.L. 2016. Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi 24(1):1-11.

Hafifah, N., E. Widiani, dan W. Rahayu. 2017. Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Journal Nursing News 2(3)220-229.

Hyunbin, K. 2020. More Students Commit Suicide Due to Excessive Stres.

Kemendikbud. 2017. UU No. 23 Tahun 2017 tentang hari sekolah.Kemenkes. 2019. Sumber Stres. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic- p2ptm/stres/page/9/apa-saja-penyebab-stres. 10 Maret 2020 (11.05).

Kemenkes. 2019. Pengertian Stres. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stres. 10 Maret 2020(11.07).

Kemenkes. 2019. Penyebab Stres Pada Remaja. http://www.p2ptm.kemkes.go. id/infographic- p2ptm/stres/page/9/apa-saja- penyebab-stres. 10 Maret 2020

(11.09).

Ma’rifatul, A. L., Z. Imran, dan A. Amar. 2016. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa Teori dan Aplikasi Praktik Klinik. Indomedia Pustaka. Yogyakarta.

Maulana, Z. F., Soleh, dan F. Siagian. 2015. Differences in Stres Level Between First- Year and Second-Year Medical Students in Medical Faculty of Lampung University. Jurnal Kedokteran Unila 2(3):154-162.

Najah, N. 2015. Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Stres di Sekolah pada Siswa Akselerasi Man Denayar Jombang. Skripsi. Program Sarjana Psikologis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Nasir, A. dan Muhith, A. 2011. Dasar-dasar Keperawatan Jiwa. Salemba Medika. Jakarta.

Pahrun, A. R. A. 2017. Pengaruh Full Day School terhadap Tingkat Stres Fisik pada Siswa SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Program Sarjana Keperawatan. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Pastey, G. S. dan Aminbhavi V. A. 2016. Impact of Emotional Maturity on Stres and Self Confidence of Adolescents. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology 32(1):66-70.

PISA. 2015. Result Students Well Being Volume 3. OECD Publishing. Paris.

Potter dan Perry. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Edisi 7 buku 3. Salemba Medika. Jakarta.

Pourrajab, M., M. Rabbani, dan S. Kasmaienezhadfard. 2014.

Priyoto. 2014. Konsep Manajemen Stres. Nuha Medika.Yogyakarta.

Purwati, S. 2015. Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi. Program Sarjana Keperawatan. Universitas Indonesia. Jakarta.

Rajeshwari, R. R. 2017. A Study On Relationship Between Emotional Maturity, Stres And Self-ConfidenceAmong Management Students. Asia Pasific Journal of Research 1(2):95-99.

Rowman dan Littlefield. (2018). The Science of Stres Management. The Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc. United States of America.

Sailesh, K. S. dan Srilatha. 2019. An Update On Physiological Effect Of Stres. Journal of Med Crave 6(2):45-47.

Sari, E. S. 2018. Perbedaan Tingkat Stres Siswa Ditinjau Dari Sistem Pembelajaran Full Day Dan Sistem Belajar Half Day. Skripsi. Program Sarjana Psikologi. Universitas Medan Area. Medan.

Sari, K. P. dan F.I. Falah .2018. Perbedaan Stres Level Siswa Sekolah Dasar Antara Full- Day dan Half-Day School di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Edukator 4(2):142-148.

Shama. 2018. Physiology of Stres and its Managements.

Singh, A. 2017. The “Scourge of South Korea”: Stres and Suicide in Korean Society. https://bpr.berkeley.edu/2017/ 10/31/the-scourge-of-south- korea-stres-and-suicide-in- korean-society/. 9 Maret 2020(11.01).

Slamet, I. S. dan S. Markam. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. UI Press. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v3i1.9822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Nursing Journal