Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Tentang Pertolongan Pertama Pada Cedera

Sri A Ibrahim, Meysin Adam

Abstract


PMR merupakan wadah kegiatan remaja di sekolah atau lembaga pendidikan normal dalam kepalangmerahan melalui program ekstrakurikuler. Salah satu tugas pokok dari PMR yaitu melakukan pertolongan pertama jika terjadi kejadian cedera di lingkungan sekolah.Pertolongan pertama adalah tindakan orang yang memberikan bantuan atau pertolongan pada orang yang terjadi kecelakaan atau cedera. Diperlukan tindakan yang tepat untuk membatasi resiko cedera yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat pengetahuan anggota PMR tentang tindakan pertolongan pertama pada cedera di SMAN Kota Gorontalo. Metode Penelitian meliputi desain dan jenis penelitian deskriptif. Populasi sebanyak 94 anggota PMR. Sampel penelitian sebanyak 94 responden dengan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil dalam penelitian didapatkan presentasi tertinggi yaitu pengetahuan dengan kategori cukup sebanyak 48 responden (51.1%). Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya rentan waktu pemberian informasi tentang tindakan pertolongan pertama pada cedera menyebabkan pemahaman yang kurang dan penerapan secara langsung atau pelatihan dasar yang sangat jarang dilakukan oleh responden. Kesimpulannya didapatkan tingkat pengetahuan responden tentang tindakan pertolongan pertama pada cedera kategori baik 39 responden (41.5%), cukup 48 responden (51.1%), dan kurang 7 responden (7.4%). Disarankan pihak sekolah mengundang instansi yang terkait untuk memberikan materi tentang pertolongan pertama dan pelatihan dasar untuk meningkatkan pengetahuan anggota PMR sekolah.

Keywords


Cedera; Pengetahuan; Pertolongan Pertama

Full Text:

PDF

References


Agbo, H.A., Envuladu, E.A., Hassan, Z., Enokela, E & Zoakah I.A. 2015. Medical Emergencies in Primary Schools and Ownership of First Aid Boxes. Medical Journal of Zambia. 42 (2).

Athorid, A. 2016. Ensiklopedia Palang Merah Remaja. Jakarta: PMI STORE.

Bayraktar, N., Celik S. S., Unlu, H., Bulut, H. 2009. Evaluating the Effevtiveness of a First Aid Training Course On Drivers. Journal Saglik Bilimleri Fakultesi Hemsirelik Dergisi.

Data Pokok Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=300000&level=1, di akses 03 Maret 2020.

Data SMA dan SMK Kota Gorontalo. 2019. http://www.umm.ac.id/id/pages/gorontalo/data-sma-dan-smk-kota-gorontalo.html. Di akses 03 Maret 2020.

Febrina, V., Seniarty, R & Abdiana. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama Penderita Sinkop Di Mts Negeri 1 Bukittinggi. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang 2.

Gandhi, K & Gandhi, M. 2016. Knowledge on Selected First Aid Measures Among School Childern. International Journal of Applied Research.

Ghany, A.A.E., Adel, A., Amen, A., Sayed, L., Nady, M.E., Yasser, N & Atef, S. 2014. Knowledge about First Aid Measures to Skin Injuries among Suez Canal University Dorms Students. Journal of Research Communication. 2(8): 139-146.

Goktas, S., Yildirim, G., Kose, S., Yildirim, S., Ozhan, F & Senturan, L. 2014. First Aid Knowledge of Univesirty Students in Poisoning Cases. Turkey Journal Emergency.14(4).

Kalaiyasaran. 2015. A Study on First Aid Awareness among Higher Secondary School Students in Sivagangai District. Journal of Multidiscplinary.

Kebung, K. 2011. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Prestasi Pustaka

Munandar, H. 2008. Mengenal Palang Merah Indonesia (PMI) & Badan Sar Nasional (BASARNAS). Jakarta: Erlangga.

Munawaroh, S., Pratiwi, I., Purwanto, E. 2017. Gambaran Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah Remaja (PMR) tentang Tindakan Pertolongan Pertama pada Cedera Siswa. Universitas Muhammadiyah Malang.

PMI. 2013. Palang Merah Remaja. http://www.pmi.or.id/ di akses pada Rabu, 26 Februari 2020.

Potter, P.A, Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik Edisi 4. Jakarta: EGC

Riskesdes. 2018. Prevalensi Cedera. Di akses 15 Februari 2020

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Susilowati, R. 2015. Jurus Rahasia Menguasai P3K. Jakarta: EGC

Swasanti, Niluh & Putra. 2015. Pedoman Pertolongan Pertama Pada Kedaruratan. Yogyakarta: Katahati

Thygerson, A., Gulli, B & Krohmer, J.R. 2011. Pertolongan Pertama Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Tobing, Y.A.L, 2019. Gambaran Pengetahuan Siswa tentang Penanganan Pertolongan Pertama Pada Siswa/I Yang Mengalami Pingsan/Sinkop Di SMP Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun 2019. Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Medan

Wei, Y.L., Chen, L.L., Li, T.S., Ma W.F., Peng, N.H & Huang, L.C. (2013). Self Efficacy of Frist Aid for Home Accident Among Parents with 0 to 4 year Old Childern at a Metropolitan Community Helath Center in Taiwan. Journal Accident Analysis and Prevention.

Wirakhmi, N, I. 2016. Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Anak Usia Pra Sekolah Terhadap Pengetahuan Guru Di PGTK Nakita Insan Mulia Purwokerto. STIKES Harapan Bangsa.




DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v3i1.9824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Nursing Journal