Kejadian Bullyng Pada Remaja dan Faktor yang Berhubungan

Rosmin Ilham, Rachmawaty D Hunawa, Fadillah Iralisty Hunta

Abstract


Bullying merupakan perilaku agresif seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan secara berulang terhadap orang atau sekelompok orang lain yang lebih lemah untuk menyakiti korban secara fisik maupun mental. Banyak faktor yang dapat berhubungan dengan kejadian bullying antara lain yaitu faktor jenis kelamin, teman sebaya dan media social. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan menidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian bullying pada remaja di SMP N 3 Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 3 Gorontalo. Dan instrumennya yaitu menggunakan data demografi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menggunakan uji fisher’s exact test. Didapatkan bahwa yang paling banyak melakukan bullying yaitu yang berjenis kelamin perempuan 78 responden (51%), teman sebaya dalam kategori sedang 93 responden (60.8%), dan media sosial dalam kategori tinggi 112 responden (73.2%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara faktor jenis kelamin (0,034), teman sebaya (0,039), dan media sosial (0,028) terhadap kejadian bullying pada remaja di SMP N 3 Gorontalo

Keywords


Bullying; Remaja

Full Text:

PDF

References


Ariobimo, N. 2010. Bullying : Mengatasi Kekerasan Disekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : PT Grasindo

Banthayo.Id, Gorontalo. 2019. Pelajar SMP Di Gorontalo Diduga Dianiaya Senior Gara-Gara Pacarnya. www.Kumparan.Com

Cornell et al. 2016. The Authoritative school climate survey and the schol climate bullying survey. Journal Of Virgina University 2(1)

Darmawan, 2017. Fenomena Bullying (Perisakan) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Kependidikan 1(2) 253-262

Husaini, A. N. 2015. Hubungan Antara Presepsi Jenis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Resiko Perilaku Bullying Siswa Di SMA Triguna Utama. Skripsi. Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah

Hymel, S. Et Al. 2015. Four Decades Of Research On School Bullying: An Introduction American Psychologist, 70(4), 293-299

Greogory et al. 2017. Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Humanika

Imron. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jannatung, A. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Bullying Di Sma 2 Baru. Skripsi. Program Sarjana Universitas Hasanuddin

Juvonen, J. (2018). Bullying In School And Online Contexts: Social Dominance, Bynstander Compliance, And Emotional Pain Of Victim. Psyarxiv

Larasati, A. 2016. Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari Trait Dalam Pendekatan Big-Five Personality Pada Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal psikologi integratif 4(2) 161-182

Kusumawati, F. 2010. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta : Salemba Medika

Notoatmojo. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2013. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba

Medika.2015.Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4 Jakarta: Salemba Medika

Patchin, J. 2012. Cyberbullying Prevention And Response: Exper Perspective. Routledge

Provis, S. A. 2012. Bullying (1950- 2010): The Bully And The Bullie. Disesertation. School Of Education

Puluhulawa, E. 2018. Hubungan Bullying Dengan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Gorontalo

Putri, H. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Journal Of Medical 2(2)1149-1159

Qodar, N. 2015. Survei ICRW : 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan Disekolah. Liputan 6.Com

Qomariyah, A. 2011. Perilaku Penggunaan Internet Pada Kalangan Remaja Di Perkotaan. Surabaya: Universitas Airlangga

Republika Online.2014.Aduan Bullying Tertinggi. Www.Google.Co.Id/Amp/M. Republika.Co.Id/Amp_Versio n/Ndh4sp

Riyanto, A. 2011. Pengolahan Dan Analisis Data Kesehatan. Yogyakarta: Medikal Book.

Sripurwaningsih, I. 2017. Hubungan Perundungan (Bullying) Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar. Skripsi. Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugmalestari, A. 2016. Hubungan Jenis Kelamin Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman. Skripsi. Program Sarjana Universitas Aisyiyah Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37311/jnj.v3i1.9834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Nursing Journal