PENGEMBANGAN LEARNING CONTENT MANAGEMEN SYSTEM (LCMS) BERBASIS BLANDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PJOK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Pengembangan Learning Contect Managemen System (LCMS) Berbasis Blanded Learning pada mata pelajaran PJOK. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel didasarkan pada tujuan dan ketersediaan sampel untuk pemeriksaan. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli media 90% dengan katergori baik, validasi ahli pembelajaran 82,53% dengan kategori baik, ahli desain pembelajaran 7,97% dengan kategori baik, penilaian respon siswa 83,33% dengan kategori baik, dan penilaian teman sejawat 83,36% dengan kategori baik. Pengambangan LCMS berbasis model blanded learning telah dinilai oleh para ahli secara valid untuk dapat dipergunakan dan didesiminasikan kepada teman sejawat guru PJOK. Dari masukan dan kritik dari teman sejawat menjadi bahan refleksi dan evaluasi dalam pengembangan pembelajaran LCMS berbasis model blanded learning yang lebih baik untuk siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, Alamsyah. 2016. Studi Content Management System (CMS) Dan Pembuatan Web Edukasi Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Ft UNM. Jurnal Ilmiah d’Computare Volume 6.
Adi, Rahadian dan Muhamad, Taufik. 2020. Technology Innovation and Learning Media in Industrial Revolution Era 4.0 (Blended Learning) in Physical Education. The 2nd International Conference and Innovation Exhibiti on Global Education (ICEGE) 120. Doi: https://doi.org/10.22236/ie.v1i1.156.
Daru, April Firman. 2013. CMS and LMS Integration for Buliding Web Based E Learning with Single Login. Jurnal Transformatika, Volume 11, No.1.
Harahap, Seprida. 2015. Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis. Volume 15 No.1.
Irlbeck. Sonja. 2007. Learning Content Management System (LCMS). See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www.researchgate.net/publication/237334647
Jayeseri Vasuthaven, Palvinderjit Kaur. 2020. A Study on Using Web Content Management Systems in University Sports Club-- Palarch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 17(7), 5248-5257. ISSN 1567-214x
Khaerunnisa, Etika. 2019. Development of a Content Management System (CMS) for Mathematics Learning Tools of Mathematics Preservice Teachers. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 9, No. 2. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i2.2978.
Kumar, Revi. 2017. Innovations In Sports And Physical Education Classes. International Journal of Physical E ducation, Sports and Health 2017; 4(1): 273-276 Jambura Sports Coaching Academic Journal Vol. 2, No. 1, Maret 2023 e-ISSN: 2987-4408 31
Prasetyo, Aditya. 2010. Pengembangan Aplikasi Content Management System Untuk Mobile Learning Bagi Pengajar Berbasis Java. Program Studi Teknik Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Prawiradilaga. Dewi. 2018. The Application Of Instructional Design And Learning Objects Principles In The Development Of Web-Based Course Of Applied Nutrition. Jurnal Teknodik Vol. 18 - Nomor 1. Ulinuha dan Irawan. 2013. Content Management System (CMS) Untuk Tes Online Mahasiswa Baru Pada Universitas Muria Kudus. Jurnal SIMETRIS, Vol 4 No 1
Risdanto, Bandara. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Web Menggunakan Cms (Content Management System) Wordpress Di Sma Negeri 1 Kota Magelang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Saputro, Dwi Catur Andy, dkk. 2019. Diagnosis Effectiveness of Teaching Physical Education Curriculum 2013 for Sport and Health. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 381.
Sargent dan Casey. 2019. Flipped Learning, Pedagogy And Digital Technology: Establishing Consistent Practice To Optimise Lesson Time. European Physical Education Review, Vol. 26(1) 70–84.
Seppewali, Andi. 2022. Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Learning Content Management System. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat Volume 2, No 2
Siambaton dan Fahriza. 2016. Aplikasi Content Management System (Cms) Pada Joomla Untuk Membuat Web Service. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) e-ISSN : 2540-7600 Vol 1, No 1.
Staker, B. H., & Horn, M. B. (2012). Classifying K – 12 Blended Learning. California, USA: Innosight Institute, Inc
Suardika, K. Ma’mun, A. Kusmaed, N. Budiana, D. (2022). Integration of life skills into basic student basketball training program for positive youth development. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(9), 3184–3197. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i9.7180 Suardika, I. K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Untuk Materi Renang Gaya Dada (Breast Stroke) Berlandaskan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(Pendidikan dan Kesehatan), 109–119.
Surendro, Kridanto. 2005. Pengembangan Learning Content Management System yang Mendukung Peningkatan Efektifitas Proses Belajar Jarak Jauh. Jurnal Teknik Elektro Vol. 5, No. 1.
Turrahma, Satyariza, dan Ibrahim. 2017. Pemanfaatan E-Learning Berbasis LCMS Moodle Dalam Peningkatan Efisiensi Dan Efektivitas Serta Kualitas Media Pembelajaran Siswa Di Man Sakatiga. Volume 6, Nomor 3.
DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i1.20663
Refbacks
- There are currently no refbacks.