PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KEBUGARAN JASMANI BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA

gaguk setyawan setyawan, Achmad Fitrian Ro’is, Tian David Fahturohzis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan ular tangga. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadopsi model penelitian dan pengembangan (R&D) level 3 menurut Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono (2015:407). Desain penelitian ini digunakan untuk mengembangkan produk berupa model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan sebagai aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini berfokus pada pengembangan untuk menghasilkan sebuah produk model latihan kebugaran. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel didasarkan pada tujuan dan ketersediaan sampel untuk pemeriksaan. Berdasarkan data, diketahui hasil penilaian para ahli memiliki rata- rata nilai (44,3) berada pada interval (37 ≤ X). Dengan begitu maka model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan ular tangga bugarjas  yang dikembangkan berada pada kategori sesuai sebagai bentuk latihan kebugaran jasmani pada materi latihan kebugaran dalam pembelajaran PJOK.

Keywords


pengembangan, kebugaran jasmani, ular tangga

Full Text:

PDF

References


Ardiwinata, Hartini. (2006). Pemanfaatan Permainan ular tangga dalam pembelajaran . Jakarta: Bumi Siliwangi.

Bile, R. L. & Suharharjana, S. (2019). Efektivitas penggunaan model latihan kebugaran “Bbc Exercise” untuk pemeliharaan kebugaran jasmani mahasiswa. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 3 (1), 30-37, DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16857

Bile, R. L. (2019). Pengembangan model latihan olahraga kesehatan berbasis breathing exercise, bodyweight training dan core stability exercise untuk pemeliharaan kebugaran jasmani mahasiswa. Thesis S2 (versi cetak) Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana UNY.

Giriwijoyo, S. (2012). Ilmu faal Olahraga. Bandung: ITB.

Irianto, D. P. (2017). Panduan gizi lengkap keluarga dan olahragawan. Yogyakarta: Andi Offset.

Lutan, Rusli, dkk. (2001). Pendidikan kebugaran jasmani: orientasi pembinaan sepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Dirjen OR.

Monyeki, M. A., Neetens, R., Moss, S. J., & Twisk, J. (2012). The relationship between body composition and physical fitness in 14 years old adolescents residing within the Tlokwe local municipality, South Africa: The PAHL study. BMC Public Health 2012, 12: 374. http://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/374.

Nugroho, A.S. 2015. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VI, VII, IX SD NEGERI I Kota Mungkid Kabupaten Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu keolahragaan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Powell, M. A. (2011). Physical fitness: training, effects, and maintaining. Nova Science Publishers, Inc. New York.

Suharjana. (2008). Pendidikan Kebugaran Jasmani. Pedoman Kuliah. Yogyakarta FIK UNY.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Suroto. (2004). Buku pegangan kuliah pengertian senam, manfaat senam dan urutan gerakan. Semarang: Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum Olahraga UNDIP.

Tapo, Y.B.O. & Bile, R.L. (2020). Evektivitas pengunaan model latihan olahraga pernapasan monacors untuk pemeliharaan kesehatan fungsi paru bagi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19. Ejurnal IMEDTECH, 4(2), 54-

DOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.226

Tapo, Y.B.O. (2020). Evaluasi status kebugaran jasmani dan tingkat penguasaan keterampilan olahraga sepakbola dan bola voli mahasiswa PJKR semester V STKIP Citra Bakti Ngada berdasarkan aktivitas perkuliahan praktek dan pembinaan kegiatan UKM. Ejurnal IMEDTECH, 4(1), 37-54, DOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.223




DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i1.20672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.