PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X

Alpanni Auli, Hefni Hefni, Yenni Melia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah ada hubungan antara motivasi belajar peserta didik dan prestasi akademik mereka di kelas sosiologi. Penelitian dilakukan pada kelompok yang terdiri dari 28 peserta didik kelas X IPS 3 SMAN 6 Kerinci. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, artinya seluruh peserta didik di kelas diikutsertakan dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Program SPSS juga digunakan untuk memastikan hasil analisis yang akurat dan tepat. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (ryx₁) sebesar 0,799 dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi.

Keywords


Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. F., & Amin, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 109–125. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1488

Alhafid, A. F., & An, D. N. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300.

Amarullah, R. Q., & Erih. (2021). Latar Dan Prinsip-Prinsip Teori Belajar Humanistik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Karim, 6(1), 87–97.

Amran, F., & Taali, T. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kreativitas Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 5–13. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.175

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Choe, D. (2020). Parents’ and adolescents’ perceptions of parental support as predictors of adolescents’ academic achievement and self-regulated learning. Children and Youth Services Review, 116, 105172. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105172

Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 5–20.

Gerritsen-van Leeuwenkamp, K. J., Joosten-ten Brinke, D., & Kester, L. (2019). Students’ perceptions of assessment quality related to their learning approaches and learning outcomes. Studies in Educational Evaluation, 63(July 2018), 72–82. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.07.005

Huruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227–2234.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1215

Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1745–1753. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.775

Nabillah, T. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 60–64.

Naik, G., Chitre, C., Bhalla, M., & Rajan, J. (2020). Impact of use of technology on student learning outcomes: Evidence from a large-scale experiment in India. World Development, 127, 104736. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104736

Nasrah, & Muafiah. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 2(oktober), 207–213.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Prabowo, R. A., Agus, I. P., Hita, D., Lubis, F. M., & Patimah, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 05(04), 12648–12658.

Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i2.21343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.