Indeks Kebugaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 96 Kota Utara Kota Gorontalo

Hariadi Said

Abstract


Anak usia sekolah adalah investasi bangsa, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Tumbuh berkembangnya anak usia sekolah tergantung lingkungan yang membentuknya. Salah satu lingkungan yang sangat berperan dalam perkembangan anak adalah sekolah dasar (SD). Hal ini dikarenakan SD dapat menjadi lingkungan yang sangat tepat untuk membentuk generasi penerus bangsa yang sehat, aktif, dan berintegritas melalui kegiatan olahraga.Tujuan penelitian untuk mengetahui indeks kebugaran siswa kelas V SD N 96 Kota Utara Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi lapangan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N 96 Kota Utara Kota Gorontalo yang berjumlah 19 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 8 perempuan. Bentuk tes yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah bleep test yaitu lari hilir mudik antara dua titik yang berjarak 20 meter dengan iringan musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok laki-laki sebanyak 11 orang atau 100% semuanya berada dalam kategori kurang sekali. Kelompok perempuan yang berjumlah  8 orang atau 100% berada pada kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa indeks kebugaran siswa kelas V SDN 96 Kota Utara Kota Gorontalo berada pada kategori kurang sekali sehingga perlu perhatian yang serius.


Keywords


Indeks Kebugaran, Siswa

Full Text:

PDF

References


Annas M, 2011. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Universitas Negeri Semarang 2011.

Arikunto, S. .,2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Idah tresnowati, Gilang Nuari Panggraita, Mega Widya Putri, Maharani Fatimah, Gandasari, Afif Tri Ramadiansyah, profil kebugaran jasmani atlet senam artistik pemula usia 6-9 tahun di persani kabupaten pemalang. Jorpres (jurnal olahraga prestasi), 17 (2), 2021

Miqdaddiati, Ni Luh Nopi Andayani, I Dewa Ayu Dwi Primayanti, Luh Made Indah Sri Handari Adiputra. Hubungan antara indeks massa tubuh (imt) dengan kebugaran jasmani pada siswi sma negeri 2 tabanan. Jurnal original article. Vol 9.no.1. 2021

Nurhasan., 2021) Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-Prinsip Dan Penerapannya.

Nuryadi Nuryadi, Jajat Darajat Kusuma Negara, Tite Juliantine, Suherman Slamet, Agus Gumilar, hubungan kebugaran jasmani dengan kemampuan konsentrasi dan respon kortisol. jurnal pendidikan jasmani dan olahraga, vol 3, no 2 (2018)

Peraturan Presiden (Perpres) tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Nomor 86 Tahun 2021

Said, H., & Hanafi, H. (2023). Motoric Potential of Freshmen in Physical Education, Sports and Health Study Program (PJOK) Faculty of Sports and Health Universitas Negeri Gorontalo Class of 2022. Journal of Physical Education, Sport, Health and Rec-Reation, 12(2), 130–137. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Suardika, K. Ma’mun, A. Kusmaed, N. Budiana, D. (2022). Integration of life skills into basic student basketball training program for positive youth development. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(9), 3184–3197. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i9.7180

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 37




DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i2.22076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.