PENGEMBANGAN PERMAINAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS IV SD DI KABUPATEN BLITAR

Dwi Catur Andy Saputro, I Kadek Suardika

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk yang model permainan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Dalam tujuan yang lebih spesifik, penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan instruksional partisipasi siswa dalam aktIVitas fisik pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam pembelajaran yang bertemakan “Perduli Terhadap Mahluk Hidup”. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Perkembangan produk model permainan yang mengadopsi dari pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU), dilakukan melalui beberapa tahapan: analisis kebutuhan, pembuatan produk, contents validity dan construct validity, uji coba tahap I, revisi produk, uji coba tahap II, revisi produk tahap 2 (revisi terakhir). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dari Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar (SDN Tangkil 01, SDN Jambewangi 03, SDN Beru 01, SDN Kendalrejo 02 dan SDN Kanigoro 03). Ada 104 siswa untuk subjek penelitian. validasi ahli dilakukan oleh tiga ahli. Percobaan tahap I dilakukan untuk 44 siswa dengan 2 guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan uji tahap II dilakukan 104 siswa dengan 5 guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data ini terdiri dari evaluasi untuk kualitas produk, saran untuk perbaikan produk dan respon siswa terhadap model. Uji validitas instrumen aspek kesesuaian ditunjukkan oleh 0,687, kemudahan ditunjukkan oleh 0,661, manfaat ditunjukkan oleh 0,559 dan kemenarikan ditunjukkan oleh 0,552. Berkorelasi menunjukkan bahwa instrumen totalitas berlaku. Hasil dari penelitian ini adalah produk model permainan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Berdasarkan uji coba tahap II (kelompok besar) persentase dari setiap model permainan adalah Golf and mathematic game adalah 85,41% dengan kategori baik, model permainan Bouncing ball game adalah 85,13% dengan kategori baik, model permainan  Fly paper game  adalah 83,3% dengan kategori baik, model permainan Paper ball game adalah 84,44% dengan kategori baik dan model permainan Baiting game adalah 84,45% dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk model permainan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan aspek mata pelajaran lain seperti Matematika, SBK dan Bahasa Indonesia untuk kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar.

 


Keywords


Model Permainan, TGfU, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i2.22239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.