PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK KATA KARATE PADA MAHASISWA

Zulkifli Lamusu, Edy Putra Dharma Duhe

Abstract


Kata atau jurus dalam Karate merupakan serangkaian gerakan yang disusun secara rapi, unik serta menarik dengan nilai seni serta filosofis yang sangat tinggi oleh para sensei Karate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pada model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar teknik kata karate mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 16 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 16 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T, dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif dengan hasil belajar teknik kata Karate. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar teknik kata Karate Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif; hasil belajar; teknik kata karate.


Full Text:

PDF

References


Ahmad L dan Zulkifli L. Kekuatan Otot Lengan Dengan Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan Karate Mahasiswa. Jambura Journal Of Sports Coaching. Vol. 5. No 1 Januari 2023. p-ISSN:2654-3435, e-ISSN:2656-0437

Aril W. dan Prihadi K. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Matematika Vol. 17, No. 2, November 2018 ISSN: 1412-5056 / 2598-8980 http://ejournal.unisba.ac.id

Bimashepta Y.W (2021:27) Pengembangan Buku Panduan Melatih Kata Pada Cabang Olahraga Karate. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitriani. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di SMP Karya Indah Kecamatan Tapung. Jurnal PeKA Vol 4 No 2 Tahun 2016 ISSN: 2337-652x

https://www.karatecollection.com/perbedaan-kata-dan-kumite-dalam-karate/ (akses: Saturday, January 13, 2024)

https://id.wikipedia.org/wiki/Karate#: (akses: Saturday, January 13, 2024)

Ismun A. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin No. 01 Januari-Juni 2021. Vol. 7

Nur S. dkk. 2022. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Feniks Muda Sejarhtera

Pangodian H.P dkk. 2023. Tes dan Pengukuran Kondisi Fisik Karateka Junior Kategori Kata. Banyumas. Zahira Media Publisher.

Ponidi dkk, 2020. Model Pembelarajan Inovatif dan Kreatif. Indramayu: Penerbit Adab

Suhono. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia.Surakarta: Unisripress

Witri F. dan Sagitarius. 2019. Analisis Teknik Tendangan Dominan terhadap Perolehan Poin pada Pertandingan Kumite Cabang Olahraga Karate. Jurnal Kepelatihan Olahraga. Wuri Wuryandani. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dalam Rangka Pembentukan Manusia Yang Berkualitas. Jurnal Majelis Media Aspirasi Konsultasi. Edisi 07 September. ISSN : 2085-4862. Jakarta. Badan Pengkajian MPR RI.




DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i2.24142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.